Jelang Idul Fitri, BTN Siapkan Dana Rp 12,15 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 18 Mei 2020 10:22 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Dalam menyambut hari raya Idul Fitri PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mengalokasikan dana sebesar Rp 12,15 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat.

Direktur Utama Bank BTN Pahala N Mansyuri mengungkapkan jumlah ini untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai yang diprediksi meningkat H-5 hingga H+3 Idul Fitri.

Pahala menjelaskan dengan kondisi seperti sekarang masyarakat banyak yang memanfaatkan transaksi non tunai seperti mobile banking atau ATM bank. Namun masih ada pula masyarakat yang membutuhkan uang cash karena tradisi masyarakat dalam menghadapi perayaan Idul Fitri.

Sebanyak 30% dana yang disiapkan sebanyak Rp 3,64 triliun akan dialokasikan untuk mesin ATM dan sisanya Rp 8,5 triliun untuk kesiapan kas di Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas.

Pahala menyebut selama pandemi COVID-19 sejumlah kantor cabang BTN tetap buka untuk melayani masyarakat namun tetap menyesuaikan dengan ketentuan layanan protokol kesehatan.

"Masyarakat masih ada yang mau datang ke bank dan kami tetap layani mereka dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, katanya," kata Pahala dalam siaran pers, Senin (18/5/2020).

Pahala memprediksi akan terjadi lonjakan transfer dana lewat aplikasi digital banking, karena itu kami terus akan meningkatkan fitur dan performa digital banking BTN agar masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat dalam melakukan transaksi yang tidak harus datang ke bank," imbuh dia.

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, transaksi mobile banking BTN meningkat lebih dari 30% pada Maret 2020 dibanding posisi sama tahun lalu. Tercatat jumlah transaksi melalui mobile banking BTN sebanyak 5,7 juta transaksi sementara tahun 2019 tercatat 4,3 transaksi.



Simak Video "Ini Versi Asli Lagu 'Selamat Lebaran' yang Penuh Kritik Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)