Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Mei 2020 19:25 WIB

Tips Nyaman Libur Lebaran Tanpa Mudik

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi Uang Rupiah Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Tahun ini tradisi pulang kampung alias mudik harus tertunda. Sesuai dengan arahan pemerintah larangan mudik ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Namun di situasi luar biasa ini ada banyak cara untuk merayakan lebaran tanpa mudik. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga tali silaturahmi di masa lebaran.

Executive Vice President Secretariat dan Corporate Communication BCA Hera F Haryn menjelaskan perseroan memastikan layanan digital banking BCA bisa memenuhi kebutuhan nasabah untuk bersilaturahmi dan berbagi kebaikan di saat lebaran.

BCA memiliki sejumlah tips untuk nasabah agar bisa merayakan lebaran meskipun tidak mudik.

Pertama, nasabah bisa memanfaatkan Promo. Lebaran identik dengan menu makanan khusus lebaran, berbagi parsel, hingga fashion terbaru. Dalam masa PSBB ini, nasabah dapat melakukan berbelanja kebutuhan tersebut dari rumah.

Kedua, menggunakan video conference untuk silahturahmi. Suasana lebaran kali ini memang berbeda dari biasanya karena tidak ada tatap muka dan berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman.

Namun, masyarakat dapat memanfaatkan ragam aplikasi video conferences untuk mengucapkan selamat Hari Raya dan saling bersilahturahmi. Jarak boleh terpisah, namun kebersamaan harus tetap terjaga.

Ketiga, bisa mengirimkan uang atau salam tempel lebaran menggunakan mobile banking. Misalnya menggunakan fitur QRku yang tersedia di BCA mobile. Fitur ini memudahkan proses pengiriman uang hanya dengan scan QR tanpa harus menghafal nomor rekening.

Keempat, menarik uang tanpa kartu dengan aman dan mudah. Saat pandemi ini masyarakat dianjurkan untuk meminimalisir sentuhan dengan benda-benda di tempat umum.

"Jika masyarakat membutuhkan uang tunai, tidak perlu khawatir karena masyarakat dapat menarik uang tunai tanpa menggunakan kartu ATM. Cukup masuk ke aplikasi BCA mobile, pilih fitur Cardless dan Tarik Tunai. masyarakat dapat menarik uang, mulai dari nominal Rp50 ribu," ujar Hera.

Dengan fitur ini, masyarakat akan memperoleh kode tertentu untuk mengakses ATM yang melayani transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu. Kemudian, memasukkan nomor ponsel BCA mobile dan kode tarik tunai, dana yang masyarakat butuhkan akan diperoleh dengan cepat.

Kelima, membagi-bagi THR dengan fitur BagiBagi di Aplikasi BCA mobile dan terima (Redeem) di Aplikasi Sakuku, jumlah uang yang sama atau berbeda kepada banyak orang dalam sekali waktu dapat terkirim dengan cepat dan aman.

masyarakat dapat memberikan uang dengan cara yang unik dan menyenangkan. Terdapat dua pilihan pengiriman, yakni Random Mode dan Fix Mode. Apabila nasabah membagikan uang dengan Random Mode maka nominal uang yang sudah ditentukan akan didapatkan oleh tiap orang dengan jumlah nominal yang berbeda-beda, tergantung kecepatan dan keberuntungan penerima dalam "membuka" uang tersebut.

"Sedangkan untuk Fix Mode, penerima akan mendapatkan jumlah nominal uang yang sama antara satu penerima dengan penerima lainnya. Kirim THR tahun ini jadi seru! Download BCA mobile dan Sakuku sekarang atau cek bca.co.id/BagiBagi," jelas dia.



Simak Video "Warga Solo Silaturahmi ke Kerabatnya yang Dikarantina"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com