Rentan Kena Corona, 605 Nakes di Puskesmas DKI Dapat Asuransi Gratis

Zulfi Suhendra - detikFinance
Rabu, 17 Jun 2020 17:35 WIB
poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Sebanyak 605 tenaga medis di 5 puskesmas di Jakarta mendapatkan asuransi gratis. Tenaga medis mendapatkan bantuan ini karena dinilai rentan tertular virus COVID-19.

Bantuan tersebut diberikan PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) bekerjasama dengan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional Indonesia). Total perlindungan asuransi yang diberikan senilai Rp
30,25 miliar.

Chief Marketing & Strategic Partnership Officer Cigna Indonesia Akhiz Nasution mengatakan, perlindungan asuransi ini akan diberikan kepada 605 pekerja medis di lima Puskesmas di Jakarta selama setahun ke depan. Ia menjelaskan, pemberian asuransi ini diberikan sebagai apresiasi Cigna terhadap perjuangan para tenaga medis melawan COVID-19.

"Para tenaga medis ini sudah mengorbankan waktu, tenaga, dan juga keluarga mereka untuk bekerja tanpa pamrih demi melawan COVID-19. Karena itu, mereka juga patut mendapatkan perlindungan asuransi jika terkena musibah di mana masing-masing orang akan mendapat uang pertanggungan sebesar Rp 50 juta jika meninggal dunia," tutur dia dalam keterangannya, Kamis (17/6/2020).

Selain itu, pihaknya juga memberikan tele konsultasi gratis bagi para nasabah dengan dokter. Lewat cara ini, para nasabah bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan mereka. Selanjutnya, jika memang membutuhkan obat, dokter akan mengeluarkan resep yang diberikan ke apotik terdekat dengan nasabah.

Sementara itu, Direktur Rumah Sehat BAZNAS, dr Reza Ramdhoni mengatakan, asuransi merupakan kebutuhan yang sangat penting di saat pandemi COVID-19 ini. Apalagi, paramedis yang bekerja di garda terdepan sangat rentan terkena COVID-19.

Dikatakan, mereka yang bertugas di Puskesmas memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi. Sebab, Puskesmas merupakan pintu gerbang fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama sebelum dirujuk lebih lanjut. Karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi perhatian dari Cigna Indonesia untuk paramedis tersebut.



Simak Video "PARFI Akan Berikan Bantuan Asuransi Kesehatan untuk Artis Senior"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/dna)