Per 1 Juli Tanda Tangan Ditolak! Ini 3 Cara Buat PIN Kartu Kredit BCA

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 25 Jun 2020 10:04 WIB
BCA
Foto: dok BCA
Jakarta - Pastinya sudah tahu kan kalau transaksi dengan kartu kredit harus menggunakan PIN. Hal ini juga sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI) kalau per 1 Juli 2020 pembayaran dengan kartu kredit harus menggunakan PIN. Jadi, nanti transaksi dengan menggunakan tanda tangan bakal kesandung alias ditolak lho!

Tentunya, ada alasan di balik kebijakan ini terutama untuk meningkatkan keamanan pengguna kartu kredit. Setelah diberlakukannya PIN Mandatory, diharapkan akan meminimalisir penyalahgunaan kartu kredit oleh orang lain, karena PIN Mandatory tersebut hanya diketahui oleh si 'empunya' kartu kredit. Pastinya ini juga akan sangat membantu untuk meminimalisir kejahatan kartu kredit.

Nah, buat para pengguna kartu kredit BCA, yuk dari sekarang mengaktifkan PIN kartu kredit dan mulai biasakan diri menggunakan PIN di setiap transaksinya. Karena di beberapa negara juga sudah mewajibkan transaksi menggunakan kartu kredit dengan menggunakan PIN.

Nggak perlu ribet kok untuk membuat PIN kartu kredit. Ada 3 cara mudah bagi para nasabahnya sebagai berikut:

Aktivasi Lewat BCA mobile

Cara mudah yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi BCA mobile, hanya lewat genggaman membuat PIN kartu kredit bisa dilakukan di manapun. Begini caranya.

  1. Masuk ke fitur m-Admin, pilih aktivasi kartu kredit
  2. Lalu pilih buat/ubah PIN, pilih 'Buat PIN'
  3. Pilih kartu kredit mana yang ingin dibuatkan PIN, lalu input 6 digit PIN. Ingat ya, PIN yang dipilih harus aman tapi juga mudah diingat
  4. PIN kartu kredit sudah aktif!

Lewat Website BCA

Cara yang kedua ini bisa diakses lewat perangkat komputer atau laptop yang ada di rumah atau kantor. Lewat cara ini, nasabah membutuhkan kode otentikasi melalui SMS BCA. Caranya pun mudah, yang pertama harus dilakukan adalah mengisi form verifikasi data pada link www.bca.co.id/creditcard. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Setelah menekan tombol 'Proses', pilih menu 'Aktivasi PIN'
  2. Pilih kartu yang akan diaktivasi
  3. Masukan 6 digit kode otentikasi yang diterima melalui SMS lewat nomor handphone yang didaftarkan, lalu tekan 'Proses'
  4. Masukkan 6 digit PIN baru, lalu tekan 'Proses'
  5. Berhasil. Kamu akan terima SMS notifikasi.

Lewat ATM BCA

Sama dengan membuat PIN lewat website, cara yang satu ini juga membutuhkan kode otentikasi untuk memulainya. Setelah mendapatkan kode tersebut, segeralah ke ATM BCA terdekat dan ikuti langkah-langkah ini.

  1. Masukan kartu kredit, pilih 'Aktivasi PIN'
  2. Masukan 6 kode digit otentikasi yang dikirimkan melalui SMS BCA, dan tekan benar.
  3. Jika sudah valid, tekan 'Lanjutkan' dan masukan 6 PIN yang diinginkan (2X)
  4. Jika PIN sudah aktif nantinya akan ada SMS notifikasi

Mudah bukan? Oh iya, untuk nasabah BCA yang ingin meminta kode otentikasi pemegang kartu kredit tinggal mengetik REQ(Spasi)Kode(spasi)Otentikasi#Nomor Kartu Kredit BCA. Setelah mendapatkan kode tersebut, segera untuk buat PIN kartu kreditnya ya!

Buat yang sekiranya lupa dengan PIN kartu kredit yang lama jangan khawatir, karena nasabah dapat membuat PIN baru dengan cara yang sama seperti aktivasi pertama kali.

Jadi tunggu apalagi, daripada ujung-ujungnya nanti transaksi ditolak mending mulai untuk buat PIN kartu kredit dari sekarang dan mulai terbiasa dengan menggunakan PIN. Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di sini.

Simak Video "BCA Expoversary Cara Millenials Wujudkan Punya Rumah Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)