Seberapa Siap RI Genjot Eskpor di Tengah Pandemi?

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 26 Jun 2020 18:15 WIB
Insentif Kepabeanan untuk Meningkatkan Ekspor
Foto: detik
Jakarta -

Untuk meningkatkan pembiayaan ekspor dan mendukung agenda pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi COVID-19 dibutuhkan upaya atau bantuan dari perbankan dalam menyalurkan kredit untuk ekspor.

Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank menggandeng PT Bank Mandiri Tbk dalam kerjasama penjaminan kredit bank. Direktur Pelaksana III LPEI Agus Windiarto mengungkapkan kolaborasi antara LPEI dan Bank Mandiri merupakan implementasi regulasi yang diamanatkan kepada LPEI dalam Undang-Undang No. 2 tahun 2009 pasal 7C yaitu

"Penjaminan bagi bank yang menjadi mitra penyediaan pembiayaan transaksi ekspor yang telah diberikan kepada eksportir Indonesia," kata Agus dalam siaran pers, Jumat (26/6/2020).

Agus mengatakan dalam pelaksanaan fungsinya sebagai penjamin, LPEI mengacu pada SEOJK No. 11/SEOJK.03/2018; POJK No. 14/SEOJK.03/2018; POJK No. 15/SEOJK.03/2018 dan POJK No. 32/POJK.03/2018 yang membuat LPEI sebagai lembaga sovereign status dapat memberikan penjaminan bagi bank dengan pembobotan ATMR (Aset Tertimbang Menurut Risiko) sebesar 0%, Aset yang dijamin memiliki kualitas lancar, dan pengecualian perhitungan Batas Maksimun Pemberian Kredit (BMPK)/Batas Maksimum Penyaluran Dana (BMPD).

"Kolaborasi ini merupakan salah satu langkah kami untuk mempertegas posisi LPEI sebagai Credit Enchancer bagi perbankan. Selain itu, kami juga berharap kerja sama ini juga dapat berkontribusi terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional," ujarnya.

Sejumlah hal yang menjadi ruang lingkup kerjasama antara LPEI dan PT Bank Mandiri Tbk meliputi fasilitas Penjaminan dan Asuransi Kredit, berbagai layanan perbankan PT Bank Mandiri Tbk serta kerja sama Sosialisasi dan Edukasi yang dapat disepakati kedua belah pihak kedepannya.

LPEI optimis dukungan yang diberikan melalui produk penjaminan kredit akan turut membantu bank dalam pembiayaan ekspor atau sebagai Credit Enhancer, sehingga perbankan dapat memperluas pembiayaan ekspor.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Donsuwan Simatupang mengatakan, Bank Mandiri berkomitmen kuat mendukung industri berbasis ekspor untuk bisa bangkit agar dapat menghasilkan efek domino yang kuat kepada sektor riil.

Dia menambahkan, pihaknya juga siap mendukung LPEI melalui layanan perbankan elektronik untuk memudahkan operasional LPEI, baik secara internal maupun dengan mitra usaha.

"Hal ini juga sejalan dengan keinginan Bank Mandiri menjadi modern digital bank untuk merealisasikan visi sebagai mitra perbankan utama nasabah," katanya.

Dia mengatakan akibat pandemi ini eksportir juga terkendala oleh daya dukung pembiayaan, dan juga risiko terhadap kualitas kredit bagi perbankan. Sebelumnya LPEI menyampaikan masih ada ruang bagi bank-bank memberikan pinjaman kepada nasabah yang menjadi eksportir.



Simak Video "Perdagangan Luar Negeri China Dihantam Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)