Mau Aktivasi PIN Kartu Kredit Tapi Bingung? Ini Caranya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 30 Jun 2020 13:11 WIB
Illustrasi Kartu Kredit
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Mulai 1 Juli 2020, seluruh transaksi kartu kredit di merchant wajib menggunakan PIN. Jika lewat dari tanggal tersebut, mesin electronic data capture (EDC) akan menolak kartu yang belum melakukan aktivasi PIN pada kartu kredit.

Bagaimana caranya aktivasi PIN kartu kredit ini? Berikut berita selengkapnya:

Executive Vice President of Transaction Banking Business Development of BCA I Ketut Alam Wangsawijaya menjelaskan untuk aktivasi PIN kartu kredit via aplikasi BCA mobile, pilih fitur mAdmin, pilih aktivasi kartu kredit, lalu pilih buat/ubah PIN, dan pilih 'buat PIN'. Selanjutnya, pilih kartu kredit mana yang mau dibuat PIN, lalu masukkan PIN yang dikehendaki dan PIN kartu kredit Anda kini sudah aktif.

Selain itu, nasabah dapat melakukan aktivasi PIN melalui website BCA www.bca.co.id/creditcard dengan mengisi form verifikasi data https://eform.klikbca.com/fasilitasonlinecc/. Setelah menekan 'Proses', pilih 'Aktivasi PIN', pilih kartu yang akan diaktivasi, masukkan 6 digit 'Kode Otentikasi' yang diterima melalui SMS, tekan 'Proses', masukkan 6 digit PIN baru, tekan 'Proses' dan Anda akan menerima SMS notifikasi.

Selain melalui BCA mobile dan website BCA, nasabah dapat melakukan aktivasi PIN kartu kredit melalui ATM BCA, dengan memasukkan kode otentikasi yang dikirim melalui SMS BCA setelah kartu kredit diaktifkan.

Caranya, masukkan kartu kredit, pilih 'Aktivasi PIN', masukkan 6 digit 'Kode Otentikasi' yang diterima melalui SMS, tekan 'Benar'. Jika valid, tekan 'Lanjutkan' dan masukkan 6 digit PIN baru (2 X). PIN Anda sudah aktif, Anda akan menerima SMS notifikasi.

"Kami menghimbau kepada nasabah pemegang kartu kredit BCA di seluruh Tanah Air untuk melakukan aktivasi PIN kartu kredit segera karena transaksi kartu kredit yang menggunakan tanda tangan akan ditolak/declined. Jadi, mumpung masih ada waktu, yuk aktivasi PIN kartu kredit-mu dan mulai biasakan menggunakan PIN untuk bertransaksi kartu kredit dari sekarang, sebelum PIN mandatory diberlakukan," tutup I Ketut.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mau Kartu Kreditmu Tak Dibobol Orang? Simak Tips Berikut Ini"
[Gambas:Video 20detik]