Kapan Deputi Gubernur BI yang Baru Diputuskan?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 08 Jul 2020 16:48 WIB
logo bank indonesia
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Komisi XI DPR RI dua hari ini menggelar uji kelayakan dan kepatutan tiga calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) yakni Juda Agung, Aida S Budiman, dan Doni P Joewono untuk menggantikan Erwin Rijanto.

Wakil ketua Komisi XI DPR RI sekaligus pimpinan rapat Eriko Sotarduga mengungkapkan sore ini DPR masih akan melakukan rapat internal untuk pengambilan keputusan terkait pemilihan calon Deputi Gubernur BI.

"Bisa hari ini bisa tidak, karena harus konsultasi dengan fraksi dan partai masing-masing. Selain itu kita juga harus menyepakati untuk musyawarah mufakat atau voting. Setelah itu akan ditentukan kesepakatan tanggal pengumumannya," kata dia di Gedung DPR, Rabu (8/7/2020).

Dia mengungkapkan dari skema tersebut akan didetailkan proses pemilihannya. "Itu kan perlu pembicaraan yang cukup panjang. Seperti waktu BSBI kemarin itu kami ambil keputusan musyawarah mufakat," jelasnya.

Eriko memastikan jika keputusan calon Deputi Gubernur BI ini tidak akan terlalu lama karena DPR menginginkan BI bisa bekerja dengan cepat bersama tim yang lengkap.

Dua calon deputi gubernur BI Aida S Budiman dan Juda Agung telah menjalani fit and proper test pada Selasa. Sedangkan uji kelayakan Doni P Joewono digelar hari ini.

Komisi XI DPR RI menguji calon deputi dengan beragam pertanyaan mulai dari revisi Undang-undang BI, redenominasi, inflasi sampai dengan kebijakan-kebijakan yang ditempuh BI.



Simak Video "Penyederhanaan Nilai Rupiah alias Redenominasi Nongol Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)