DPR Umumkan Deputi Gubernur BI Baru Hari Ini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 13 Jul 2020 10:26 WIB
logo bank indonesia
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Komisi XI DPR RI hari ini akan menggelar rapat internal terkait pemilihan deputi gubernur Bank Indonesia (BI). Ada tiga nama yang menjadi calon dan sudah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR yakni Juda Agung, Aida S Budiman, dan Doni P Joewono.

Anggota Komisi XI DPR RI dari fraksi PKS Hidayatullah mengungkapkan hari ini memang ada jadwal pemilihan calon deputi gubernur BI.

"Dari presentasi yang disampaikan terlihat ketiga calonnya punya kapasitas dan berpeluang terpilih menjadi calon deputi gubernur BI," kata dia saat dihubungi detikcom, Senin (13/7/2020).

Dia menjelaskan sejak rabu pekan lalu, masing-masing fraksi sudah berkonsolidasi untuk menentukan pilihannya.

"Harusnya diumumkan (nama DG BI). Hanya saat ini kita belum memutuskan cara pemilihannya. Ada yang minta musyawarah mufakat dan ada juga yang minta voting," jelas dia.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi XI DPR RI sekaligus pemimpin rapat Eriko Sotarduga mengungkapkan saat ini komisi XI sepakat untuk melakukan konsultasi ke fraksi masing-masing partai pada Senin.

"Karena semua harus disampaikan apa yang sudah dipaparkan oleh masing-masing calon DG," kata dia.

Dia menjelaskan, hari fraksi jatuh pada Jumat dan saat itu baru akan diambil keputusan. Menurut dia pada Senin juga akan digelar rapat untuk pengambilan keputusan secara musyawarah mufakat atau voting. "Rapat dimulai jam 14.00 pada Senin," jelasnya.



Simak Video "Penyederhanaan Nilai Rupiah alias Redenominasi Nongol Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)