Kata Mereka yang 'Redenominasi' Harga Kopi

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 16 Jul 2020 21:15 WIB
Bukti RI Sudah Terapkan Redenominasi
Foto: Bukti RI Sudah Terapkan Redenominasi (Vadhia Lidyana/detikcom)
Jakarta -

Tanpa disadari, redenominasi atau penyederhanaan nilai rupiah dengan memenggal 3 angka nol di belakang sudah mulai diterapkan. Contohnya di pencantuman harga di produk yang tersedia di menu-menu kafe.

Salah satu kafe yang sudah memenggal 3 angka nol ialah Kopi Kenangan. Produk-produk minuman di Kopi Kenangan dicantumkan dengan harga yang tidak menggunakan 3 angka nol.

Misalnya menu Kopi Kenangan Mantan yang dicantumkan dengan harga Rp 18 untuk ukuran reguler, dan Rp 24 untuk ukuran large.

Founder dan CEO Kopi Kenangan Edward Tirtana mengatakan, alasannya melakukan 'redenominasi' dengan mencantumkan harga kopi tanpa 3 angka nol ialah semata-mata mengikuti perkembangan zaman yang menuntut kesederhanaan dan efisiensi.

"Sebenarnya kita lebih mengikuti perkembangan zaman. Kita melihat orang inginnya semakin simpel, mudah dibaca. Kalau menunya Rp 16.323, itu kan sulit dibaca," kata Edward kepada detikcom, Kamis (16/7/2020).

Menurut Edward, sejauh ini seluruh pelanggan Kopi Kenangan memahami secara otomatis ketika pihaknya mencantumkan harga dengan penulisan tersebut.

"Sudah paham semua. Nggak pernah ada yang tahu-tahu bilang 'oh itu kopinya 20 rupiah', itu untungnya nggak pernah terjadi di Kopi Kenangan," ungkap Edward.

Melihat fenomena tersebut, menurut Edward masyarakat pun sudah terbiasa dengan penulisan harga tanpa mencantumkan 3 angka nol.

"Iya benar. Saya rasa juga karena banyaknya ritel yang menggunakan harga nett jadi masyarakat sudah terbiasa," imbuhnya.

Ia pun mendukung wacana Pemerintah menerapkan redenominasi.

"Tentunya kita support sekali karena itu jauh lebih mudah untuk dibaca dan dimengerti untuk teman-teman di mancanegara," pungkas Edward.



Simak Video "Penyederhanaan Nilai Rupiah alias Redenominasi Nongol Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)