RI Sudah Lama Terapkan 'Redenominasi' Lho, Nggak Percaya?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 17 Jul 2020 19:30 WIB
Bukti RI Sudah Terapkan Redenominasi
Foto: Bukti RI Sudah Terapkan Redenominasi (Vadhia Lidyana/detikcom)
Jakarta -

Tanpa disadari, penyederhanaan mata uang rupiah atau redenominasi dengan memenggal tiga angka nol sudah diterapkan di beberapa aktivitas penulisannya. Sudah sejak lama, sejumlah instrumen tak menggunakan tiga angka nol dalam menuliskan mata uang rupiah di harga suatu produk, seperti di dalam menu-menu kafe.

Misalnya saja kafe Starbucks asal Amerika Serikat (AS) yang cabangnya sudah menjamur di Indonesia. Sudah sejak lama Starbucks menyajikan harga produk tanpa menggunakan tiga angka nol.

Dari pantauan detikcom, Kamis (16/7/2020), di gerai Starbucks cabang Grand Indonesia, papan-papan menu yang dipajang di belakang kasir tercantum daftar produk beserta harganya yang tidak menggunakan 3 angka nol. Misalnya salah satu minuman yang dijajakan dengan harga Rp 53. Namun, tetap saja uang yang harus dibayarkan ialah Rp 53.000.

Tak hanya itu, gerai Kopi Kenangan cabang Grand Indonesia juga menerapkan daftar menu dengan menghilangkan tiga angka nol di harga-harga produknya. Misalnya menu minuman kopi yang dicantumkan dengan harga Rp 18 untuk ukuran reguler, dan Rp 24 untuk ukuran large. Selanjutnya, gerai minuman Chatime di Grand Indonesia juga menerapkan redenominasi di daftar harga produknya. Misalnya saja menu milk tea andalannya yang dicantumkan dengan harga Rp 24 untuk ukuran reguler, dan Rp 27 untuk ukuran large.

Tak mau kalah, toko-toko online juga sudah menerapkan redenominasi dalam penulisan harga produknya. Sudah banyak toko online yang membuka layanannya di sosial media menyantumkan harga dari produknya tanpa menggunakan tiga angka nol di belakangnya. Mulai dari penjual makanan, hingga produk-produk fesyen.

Salah satu toko online yang menjual sepatu buatan tangan di sosial media Instagram, @cikuciku_shoes juga sudah memenggal 3 angka nol dalam mencantumkan harga produknya. Seperti sepatunya yang dibanderol dengan harga Rp 425k, Rp 465k, Rp 475k, dan seterusnya.

Tak hanya itu, toko online @i.seeglasses yang menjual berbagai macam kacamata. Toko itu menjajakan produknya dengan harga yang dicantumkan yaitu Rp 135k.

Lalu juga toko @ilycakes.byki misalnya. Toko itu menjual makanan seperti pempek, siomay, choipan, dan sebagainya. Harga produk-produknya dicantumkan tanpa menggunakan tiga angka nol, namun disederhanakan menggunakan huruf K atau singkatan dari kilo yang berarti ribu. Misalnya paket pempeknya dicantumkan harga Rp 45k, lalu choipan Rp 35k.



Simak Video "Penyederhanaan Nilai Rupiah alias Redenominasi Nongol Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)