Duh! Uang Ratusan Juta Hancur Gara-gara Dicuci demi Cegah Corona

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 03 Agu 2020 15:18 WIB
Won Korea
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Nasib sial menimpa seorang warga Korea Selatan (Korsel). Niat hati ingin membersihkan uangnya agar steril dari virus Corona (COVID-19), ia harus merelakan uang setara ratusan juta rupiah miliknya itu hancur digilas mesin cuci.

Orang yang disebutkan tinggal di kota Ansan, dekat Seoul itu menempatkan uang kertas pecahan 50.000 won ke dalam mesin cuci. Akibatnya sebagian dari uang itu rusak parah, dan orang tersebut menghubungi Bank of Korea untuk mengetahui apakah uang itu dapat ditukar dengan uang kertas baru.

Mengutip The Indian Express, Senin (3/8/2020), Bank of Korea mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa orang itu diberikan mata uang baru dengan total sekitar 23 juta won (US$ 19.320) atau setara Rp 280.140.000 mengacu kurs Rp 14.500.

Pejabat bank Seo Jee Woun mengatakan bank tidak menghitung jumlah uang yang tidak dapat ditukar karena kerusakannya terlalu besar. Bank dapat menyediakan mata uang baru jika kerusakannya minim.

Dia mengatakan pejabat bank tidak tahu persis berapa banyak uang yang orang itu coba cuci. Dia mengatakan kehilangannya terbilang besar.

Orang yang bernasib sial itu hanya diidentifikasi dengan nama keluarga Eom. Pejabat bank tidak memberikan informasi pribadi lebih lanjut karena tunduk pada hukum yang menjaga privasi seseorang.



Simak Video "Makna di Balik Desain Uang Khusus HUT RI Rp 75.000"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)