Bunga Bank Nggak Turun-turun, Ini Kata Bos OJK

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 05 Agu 2020 22:30 WIB
Daftar Suku Bunga Dasar Kredit 10 Bank RI
Foto: Tim Infografis/Mindra Purnomo
Jakarta -

Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) terus mengalami penurunan. Saat ini bunga acuan berada di level 4%. Namun suku bunga perbankan belum mengikuti pergerakan bunga acuan BI.

Menanggapi hal tersebut Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengungkapkan saat ini suku bunga perbankan di sejumlah bank sudah mengalami penurunan.

Apalagi dengan stimulus yang diberikan oleh pemerintah seperti penjaminan UMKM, subsidi suku bunga hingga penjaminan korporasi.

"Dengan ini akan memberikan ruang untuk penurunan cost of fund oleh perbankan dan bisa ditransmisikan ke bunga kredit," kata Wimboh dalam konferensi pers virtual KSSK, Rabu (5/8/2020).

Dia menjelaskan saat ini secara rata-rata suku bunga single digit memang sulit. Namun trennya sudah berada di kisaran 9,99%. "Di Desember 2018 itu sekitar 10,83%, Juni 2019 10,75% dan terakhir 9,99%. Kalau kita lihat dengan suku bunga acuan yang turun lagi ini memberikan keyakinan bahwa cost of fund akan lebih murah," jelasnya.

Menurut dia OJK terus melakukan monitoring terhadap perkembangan suku bunga perbankan. Lambatnya penurunan bunga bank ini terjadi karena perubahan harga bunga deposito di bank membutuhkan waktu.

"Tapi kita melihat trennya menurun," ujar dia.

Buka halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Adaptasi Kebiasaan Baru, Jenius Rilis Fitur Pembayaran Nontunai"
[Gambas:Video 20detik]