Inikah Uang Khusus HUT RI ke-75 yang Diluncurkan BI Hari Ini?

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 17 Agu 2020 06:30 WIB
Logo Bank Indonesia
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Jakarta -

Hari ini Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang khusus baru. Uang ini dibuat dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 75.

Menurut undangan yang diperoleh, acara peluncuran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI itu akan dilakukan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Acara peluncuran itu sebagian juga dilakukan secara virtual untuk para undangan. Uang tersebut nantinya juga akan diserahkan secara simbolis kepada keluarga Proklamator secara virtual sebagai Token of Appreciation (ToA).

Kabar ini sendiri sudah terdengar riuh sejak kemarin. Muncul pula spekulasi tentang jenis dan nominal uang yang akan diluncurkan besok.

Bahkan di media sosial tersebar gambar uang kertas rupiah baru dengan nominal Rp 75.000. Ketika dikonfirmasi kemarin, pihak BI tidak membenarkan informasi uang baru tersebut.

"Waduh banyak yang nebak-nebak, seru nih. Tunggu saja besok ya," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko kepada detikcom, Minggu (16/8/2020).

Inikah Uang Khusus HUT RI yang Besok Diluncurkan?Inikah Uang Khusus HUT RI yang Besok Diluncurkan? Foto: Dok. Istimewa

Menurut gambar yang tersebar, uang kertas Rp 75.000 itu berwarna merah dengan paduan warna putih dan hijau. Terpampang wajah Soekarno dan Mohammad Hatta.

Kemudian di sisi satunya ada gambar deretan anak-anak yang memakai baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Lengkap juga dengan tanda tangan Gubernur BI dan Menteri Keuangan.

Lalu seperti apa maksud dari uang khusus tersebut?



Simak Video "Blak-Blakan Oscar Darmawan, Kripto Cuma Alternatif Investasi"
[Gambas:Video 20detik]