Siapa di Balik Desain Uang Khusus Rp 75.000?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 19 Agu 2020 17:20 WIB
Uang Khusus HUT RI ke-75
Foto: Dok. Bank Indonesia
Jakarta -

Indonesia punya uang baru pecahan Rp 75.000 setelah Bank Indonesia (BI) meluncurkan untuk peringatan kemerdekaan Indonesia ke-75. Desain yang dipilih disebut memiliki makna atau filosofi yang mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebinekaan dan menyongsong masa depan gemilang.

"Uang peringatan kemerdekaan ini sangat sarat dengan makna dan filosofis sekali," kata Kepala Grup Kebijakan Pengelolaan Uang BI, Eva Aderia kepada detikcom, Rabu (19/8/2020).

Eva mengatakan uang peringatan kemerdekaan Rp 75.000 itu bukan didesain oleh satu orang. Melainkan gabungan dari akademisi, budayawan, sejarawan, dan tokoh agama melalui focus group discussion (FGD).

"Enggak (satu orang yang desain). Itu kita gabungan ini berapa kali makanya kita FGD intensif. Ada akademisi, ada budayawan, ada sejarawan, tokoh agama, itu kita lakukan diskusi," terangnya.

Termasuk koordinasi dengan pemerintah daerah karena dalam desain uang tersebut terdapat 9 anak kecil menggunakan baju adat berbagai daerah.

"Kalau dilihat desain uang yang dikeluarkan terkait UPK (uang peringatan kemerdekaan) itu kan bagus banget. Kita bisa lihat ada 9 anak-anak menggunakan pakaian adat jadi itupun kita lakukan koordinasi dengan pemerintah daerah," tuturnya.

Proses peluncuran uang ini sudah dimulai sejak 2018 melalui proses perencanaan. Desain juga telah berdasarkan izin ahli waris yang menjadi tokoh utama yakni Soekarno dan Mohammad Hatta.



Simak Video "Tudingan Miring di Uang Rp 75 Ribu, Gubernur Kaltara: Menyedihkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)