Berita Terpopuler Sepekan

Cara Pesan Uang Khusus Rp 75 Ribu Lewat PINTAR

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 22 Agu 2020 13:45 WIB
Warga Gorontalo antusias  tukar uang khusus HUT RI Rp 75 ribu
Foto: Ajis Khalid/detikcom
Jakarta -

Uang khusus kemerdekaan Rp 75.000 menjadi uang kertas yang paling diburu oleh masyarakat. Bank Indonesia (BI) menerbitkan uang ini dalam rangka peringatan HUT ke 75 Republik Indonesia.

BI hanya mencetak uang ini 75 juta lembar karena memang edisi terbatas. Bagaimana ya caranya jika mau menukar dan memiliki uang khusus ini?

Dalam keterangan BI, masyarakat yang ingin mendapatkan uang khusus Rp 75 ribu bisa mengakses secara online dengan mengisi formulir pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id.

Adapun ketentuannya, uang peringatan kemerdekaan nominal Rp 75 ribu ditukar dengan uang dengan nilai yang sama.

Kemudian, setiap 1 KTP hanya memperoleh 1 lembar uang peringatan kemerdekaan.

Pemesanan penukaran uang ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yakni tanggal 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB hingga 30 September 2020. Adapun untuk lokasinya yakni di Kantor Pusat (KP) Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan BI Dalam Negeri (KPwDN) di seluruh provinsi dan beberapa kota/kabupaten.

Tahap kedua dari tanggal 1 Oktober hingga selesai. Kemudian, untuk lokasinya yakni di BI (KP dan KPwDN) dan bank umum yang ditunjuk.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, masyarakat bisa mendapat uang tersebut dengan menukar uang dengan jumlah yang sama.

"Masyarakat dapat memperoleh uang peringatan kemerdekaan melalui mekanisme penukaran uang rupiah senilai Rp 75 ribu atau sama dengan nilai nominal uang peringatan kemerdekaan tersebut," katanya dalam peluncuran pekan lalu.



Simak Video "Kantor Perwakilan BI Yogyakarta Siapkan Tukar Uang Sejumlah Rp 4.255 T"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)