'Bedol Desa', Lima Bankir Bank Mandiri Jadi Direksi BNI

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 02 Sep 2020 18:10 WIB
Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar
Direktur Utama BNI Royke Tumilaar (Foto: Dok. Bank Mandiri)
Jakarta -

Kelima mantan bankir dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk kini mengisi jajaran direksi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melalui rapat pemegang saham umum luar biasa (RUPSLB) BNI yang digelar hari ini, Rabu (2/9/2020).

Salah satunya Direktur Utama Mandiri Royke Tumilaar yang kini digeser ke BNI dan juga menjabat sebagai Dirut.

Alumni Mandiri kedua ialah Direktur Keuangan dan Strategi Mandiri Silvano Rumantir yang kini digeser menjadi Direktur Corporate Banking BNI.

Melalui konferensi pers virtual, Royke mengaku perpindahan Silvano ini sepenuhnya keputusan pemegang saham, bukan pengaruh karena dirinya pindah ke BNI.

"Tentunya yang memutuskan Pak Silvano ikut pindah bukan saya, tapi pemegang saham," ujar Royke kepada awak media, Rabu (2/9/2020).

Namun, melihat sepak terjangnya di dunia perbankan, menurutnya Silvano memang punya kapabilitas untuk menjabat sebagai Direktur Corporate Banking BNI.

"Tapi memang secara kebetulan BNI kurang lebih hampir sama dengan Bank Mandiri, kekuatannya hampir sama di korporasi. Pak Silavano punya kekuatan, dia manta CEO Mandiri Sekuritas, dan pernah di korporasi di bank asing. Juga sebelum jadi CFO dia pernah korporasi di Mandiri. Dengan pengalaman itu, pemegang saham melihat mungkin dia fit jadi Direktur Corporate Banking," ujarnya.

Selanjutnya, jebolan Mandiri yang ikut Royke pindah ke BNI adalah David Pirzada yang sebelumnya menjabat SEVP Wholesale Risk Mandiri, Muhamad Iqbal yang dulunya SEVP SME Banking Mandiri, dan Novita Widya Angraini yang dulu ya menjabat sebagai SVP Strategy and Performance Management Mandiri.

Secara rinci, berikut daftar jajaran Direksi BNI yang baru:

Direktur Utama: Royke Tumilaar

Wakil Direktur Utama: Adi Sulistyowati

Direktur Keuangan: Novita Widya Anggraini

Direktur Manajemen Risiko: David Pirzada

Direktur Tresuri & Internasional: Henry Panjaitan

Direktur Bisnis Konsumer: Corina Leyla Karnalies

Direktur Bisnis UMKM: Muhamad Iqbal

Direktur Teknologi Informasi & Operasi: Y.B. Hariantono

Direktur Human Capital dan Kepatuhan: Bob Tyasika Ananta

Direktur Hubungan Kelembagaan: Sis Apik Wijayanto

Direktur Corporate Banking: Silvano Rumantir

Direktur Layanan dan Jaringan: Ronny Venir

(dna/dna)