Kini Cetak Rekor, Cadangan Devisa RI Naik Turun Sejak Awal 2020

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 07 Sep 2020 13:35 WIB
Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah akhirnya tembus ke level Rp 15.000. Ini adalah pertama kalinya dolar AS menyentuh level tersebut pada tahun ini.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Angka cadangan devisa Indonesia periode Agustus 2020 tercatat US$ 137 miliar meningkat dibandingkan periode Juli 2020 sebesar US$ 135,1 miliar.

Dari data BI, sejak awal tahun cadangan devisa ini tercatat naik turun. Berikut datanya:

Pada Januari 2020 cadangan devisa tercatat US$ 131,7 miliar naik dibandingkan periode Desember 2019 yang hanya sebesar US$ 129,2 miliar. Peningkatan ini terjadi karena penerbitan global bond pemerintah, penerimaan devisa migas dan penerimaan valas lainnya.

Kemudian pada Februari cadangan devisa tercatat menurun ke posisi US$ 130,4 miliar. BI menyebut penurunan ini terjadi karena pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Memasuki Maret 2020, cadev merosot tajam ke posisi US$ 121 miliar. Penurunan ini karena pembayaran utang luar negeri pemerintah dan stabilisasi nilai tukar rupiah. Memang periode Maret ini negara mengambil langkah extraordinary akibat ketidakpastian yang terjadi di pasar keuangan global karena pandemi COVID-19.

Sehingga aliran modal asing yang ada di Indonesia berbondong-bondong keluar dan membuat Rupiah loyo.

Pada April 2020 cadangan devisa mulai meningkat ke posisi US$ 127,9 miliar. Peningkatan ini terjadi karena penerbitan global bond oleh pemerintah.

Kemudian periode Mei cadangan devisa juga naik lagi kembali ke posisi US$ 130,5 miliar. Penyebabnya adalah penarikan utang luar negeri pemerintah dan penempatan valas perbankan di bank sentral.

Cadangan devisa naik lagi pada periode Juni yaitu US$ 131,7 miliar. Penyebabnya karena pemerintah menerbitkan sukuk global.

Sedangkan periode Juli cadangan devisa tercatat US$ 135,1 miliar penyebabnya adalah penerbitan global bond dan penarikan pinjaman pemerintah.

Hingga pada akhir Agustus 2020 cadangan devisa mencetak rekor tertinggi yakni di posisi US$ 37 miliar naik dibandingkan periode sebelumnya.

Peningkatan ini karena adanya penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, serta penerimaan pajak dan devisa migas.



Simak Video "Cadangan Devisa Indonesia Menggemuk di Januari"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)