Tips Jaga Keamanan Data Kartu Kredit dan Internet Banking

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Jumat, 11 Sep 2020 19:05 WIB
bca
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta - Tersebarnya data pengguna berbagai platform jual beli pada beberapa waktu lalu, mengingatkan kita akan pentingnya keamanan data, termasuk dalam bertransaksi di dunia maya. Hal ini wajib dilakukan oleh pengguna agar data kartu kredit dan internet banking tetap aman dilakukan setiap saat.

Sebab, bagi sebagian orang, kartu kredit dan internet banking ini bisa dibilang merupakan dua media sakti yang memungkinkan kita bertransaksi apa saja, tanpa harus repot mengeluarkan uang tunai. Namun jika pemakaiannya tidak bijak dapat membuat risiko peretasan data pengguna terjadi.

Oleh karena itu, untuk dapat mengontrol pemakaian kartu kredit dan internet banking hingga menjaga keamanan datanya simak beberapa tips dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berikut ini.

1. Aktifkan PIN dan Ubah Berkala

Agar kartu kredit dan internet banking terhindar dari pencurian data, selalu ganti PIN dan Kode Akses secara berkala. Sebab PIN dan Kode Akses merupakan pengamanan awal yang dapat Anda jaga dalam setiap mengakses website, aplikasi, atau rekening. Setiap mengganti PIN pastikan Anda menggunakan kombinasi angka atau huruf yang unik dan tidak mudah ditebak.

2. Akses Internet Banking BCA Lewat Alamat Resmi

Pastikan bahwa halaman yang diakses dienkripsi dengan menggunakan SSL yang sah dan telah terdaftar untuk https://ibank.klikbca.com atau https://m.klikbca.com dengan cara melihat gambar gembok/kunci di sebelah kiri atas url bar. Kemudian hindari mengakses Internet Banking BCA di tempat umum atau jaringan WiFi publik.

3. Jangan Memberi Akses PIN

Demi keamanan, jangan pernah memberi akses kartu kredit atau PIN internet banking atau PIN Ponsel pada orang lain, kecuali Anda memang mempercayainya. Bagi Anda penggemar mobile banking, pastikan mengunci ponsel dengan pengenalan wajah, atau sidik jari. Dengan ini, akan mempersulit orang lain mengakses ponsel kamu, sekaligus menjadi langkah antisipatif.

4. Selalu Ingat Informasi Ini

Nomor kartu, tanggal jatuh tempo dan nomor telepon penerbit kartu kredit wajib Anda ingat. Langkah ini guna menghindari klaim penerbit kartu kredit yang mungkin salah mengatakan bahwa ketika Anda membayar tagihan sudah lewat jatuh tempo. Langkah ini juga bisa membantu menghindari bunga kartu kredit.

5. Manfaatkan Aplikasi BCA mobile

Kini proses blokir sudah semakin mudah jika kartu kredit Anda hilang. Anda bisa melakukannya melalui ponsel pintar yang Anda miliki. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memberikan fitur blokir kartu kredit melalui aplikasi BCA mobile. BCA mobile memiliki 7 fitur untuk atur kartu kredit Anda seperti blokir, Buat/Ubah PIN, request limit kartu, dll. BCA mobile bisa Anda unduh di Play Store (Android), maupun App Store (iPhone).
Informasi selengkapnya klik di sini.

Simak Video "Mau Kartu Kreditmu Tak Dibobol Orang? Simak Tips Berikut Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)