Sosok Purbaya Yudhi, Orang Dekat Luhut yang Jadi Ketua DK LPS

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 23 Sep 2020 12:48 WIB
Jokowi Resmi Angkat Purbaya, Orang Dekat Luhut yang Jadi Ketua DK LPS
Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melantik 4 Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (DK LPS). Dari empat orang yang dilantik, ada nama Purbaya Yudhi Sadewa.

Selain diangkat menjadi anggota DK LPS, Purbaya juga merangkap sebagai Ketua Dewan Komisioner LPS yang baru. Ia menggantikan posisi Halim Alamsyah yang masa jabatannya habis pada tahun ini.

Lalu, siapa sosok Purbaya Yudhi Sadewa?

Sebelum diangkat sebagai Ketua DK LPS yang baru, Purbaya menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Kooordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Purbaya merupakan orang dekat Menteri Kooordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan karena kerap kali bekerja bareng di bawah instansi yang sama.

Sebelum itu, Purbaya sempat juga menjabat sebagai Kepala Danareksa Research Institute, Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Direktur PT Danareksa (Persero) dan Deputi III Bidang Pengelolaan Pengelolaan Isu Strategis Kantor Staff Presiden.

Saat ini, Purbaya masih menjabat sebagai Komisaris di salah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni di induk holding pertambangan, yaitu PT Inalum (Persero) atau Mining Industry Indonesia (MIND ID).

Sebelum berkarir, pria kelahiran 7 Juli 1966 silam itu merupakan sebagai lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Elektro. Kemudian, melanjutkan pendidikannya dan meraih gelar doktor dalam bidang ekonomi dari Purdue University, Amerika Serikat.

Selain Purbaya, Jokowi juga mengangkat Luky Alfirman, Destry Damayanti, dan Didik Madiyono sebagai anggota DK LPS. Diketahui, Didik dan Luky sebelumnya juga sudah menjabat sebagai anggota Dewan Komisoner LPS.



Simak Video "Tinjau Penanganan Covid-19 PMI, Luhut Bahas Vaksinasi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)