Rogoh Rp 643 M, BCA Resmi Caplok Bank Interim

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 29 Sep 2020 18:15 WIB
Logo Bank Central Asia (BCA) di Menara BCA, Bundaran HI, Jakarta.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) telah resmi akuisisi PT Bank Interim Indonesia, yang sebelumnya bernama PT Bank Rabobank International Indonesia.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn mengatakan pengalihan saham Bank Interim telah dilakukan pada 25 September 2020.

"Dengan demikian BCA resmi memiliki 99,999973% saham Bank Interim dan PT BCA Finance, anak perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki secara langsung dan tidak langsung oleh BCA, memiliki 0,000027% saham. Total nilai akuisisi adalah Rp 643,65 miliar," ucapnya dalam keterangan resmi yang dikutip detikcom, Selasa (29/9/2020).

Pengalihan saham itu dilakukan setelah mendapat persetujuan penyertaan modal, akuisisi, serta kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan adanya aksi korporasi ini, BCA bakal mendukung program konsolidasi sektor perbankan Indonesia. BCA juga akan memperkuat posisi keuangan anak usaha BCA, yaitu PT Bank BCA Syariah melalui rencana penggabungan (merger) antara Bank Interim dengan BCA Syariah.

"Pasca penggabungan, BCA Syariah akan menjadi perusahaan penerima penggabungan (surviving entity)," tuturnya.

(fdl/fdl)