Uang Rp 75 Ribu Bisa 'Nyanyi' dengan Aplikasi AR, Sudah Coba?

Lusiana Mustinda - detikFinance
Jumat, 02 Okt 2020 15:15 WIB
Uang baru pecahan Rp 75 ribu (dok. Istimewa)
Foto: Uang baru pecahan Rp 75 ribu (dok. Istimewa)
Jakarta -

Uang pecahan Rp 75 ribu yang bisa bernyanyi lagu Indonesia Raya tengah viral di Twitter. Menurut akun Twitter milik @alvinna23, "Di WAG (WhatsApp Group) lagi heboh uang Rp 75 ribu baru bisa nyanyi Indonesia Raya. Biasa emak-emak. Belum tahu saja kalo uang Rp 1.000 lama juga bisa nyanyi. Tapi lagunya Gugur Bunga." tulisnya.

Penggunaan aplikasi yang menggunakan teknologi AR atau Augmented Reality juga disebutkan oleh Dede Budhyarto dalam akunnya @kangdede78. @kangdede78 mengatakan aplikasi ini bisa membuat uang Rp 75 ribu dapat menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Dikutip dalam CNBC Indonesia, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko menegaskan bahwa BI tidak membuat konten AR di Uang Peringatan Kemerdekaan 75 ataupun di uang Rupiah lainnya. "AR tidak termasuk dalam ciri uang Rupiah yang diedarkan Bank Indonesia," tegas Onny pada Sabtu (26/9/2020).

Onny Widjanarko juga mengatakan BI tidak merancang augmented reality (AR) pada uang pecahan Rp 75 ribu. Onny menambahkan bahwa teknologi AR bisa diterapkan pada objek apapun, tidak hanya uang saja.

Lalu apa sih augmented reality (AR)?

Augmented reality atau AR merupakan teknologi dimana seseorang mengalaminya melalui video dan audio 3D. Sesuatu yang memiliki pola target yang unik biasanya bisa memunculkan gambar 2D, 3D dan video dengan menggunakan aplikasi.

Untuk membuka video ini bisa dilakukan dengan mata telanjang menggunakan aplikasi Ivive atau aplikasi sejenis. Setelah mengunduh aplikasi Ivive, kemudian akan terbuka layar seperti layaknya kita ingin mengambil foto atau video di smartphone.

Arahkan kamera ke arah uang baru edisi khusus Kemerdekaan RI 75 tahun. Hanya dalam hitungan detik, akan muncul video lagu Indonesia Raya.

Ivive sendiri adalah perusahaan yang berbasis di Vienna, Austria. Ivive adalah aplikasi augmented reality (AR) yang memungkinkan pekerja seni bisa menambah dimensi digital pada suatu benda.

Bagi kamu yang memiliki uang pecahan Rp 75 ribu, bisa mencobanya.

(lus/pal)