Bank Sentral Eropa Siap Tambah 'Senjata' Lawan Pandemi Corona

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 16 Okt 2020 09:36 WIB
Sri Mulyani bersama Dirut IMF, Christine Lagarde dan Menkeu Prancis Bruno Le Maire saling beradu argumen dalam diskusi Annual Meeting IMF-World Bank di Washington.
Foto: Maikel Jefriando
Jakarta -

Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde menyatakan, organisasinya siap menerapkan langkah-langkah darurat lebih lanjut untuk mengatasi dampak ekonomi dari krisis Corona. Terlebih, kawasan ini menghadapi lonjakan cepat infeksi COVID-19.

Mengutip CNBC, Jumat (16/10/2020), Lagarde mengatakan, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

"Terutama karena di sudut dunia Eropa ini, kami melihat kambuhnya penyakit menular," katanya.

Ia juga melihat kemungkinan gelombang kedua masih ada. Maka itu, dia bilang, lebih baik memastikan 'persenjataan' yang dimiliki benar-benar menangani situasi dengan mengadopsi kebijakan yang tepat.

Dia juga menambahkan, peningkatan dalam belanja fiskal sedang dipertimbangkan oleh banyak negara anggota saat menyajikan anggaran mereka.

"Banyak senjata yang kami miliki, mulai dari suku bunga hingga panduan ke depan dan program pembelian aset, kami siap. Kami telah melakukan banyak hal, dan jika lebih banyak yang dibutuhkan karena situasinya memburuk, maka kami akan melakukan apa yang diperlukan," paparnya.

Eropa telah mencatat lebih dari 7,4 juta kasus virus Corona menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sebanyak 251.478 meninggal dunia dan rawat inap meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan.

(acd/fdl)