Fitch Rating Indonesia Angkat Peringkat Bank Bukopin Jadi idAAA

Yudistira Imandiar - detikFinance
Kamis, 22 Okt 2020 00:01 WIB
President Director Bank Bukopin Rivan A. Purwantono
Foto: Bank Bukopin
Jakarta -

Peringkat nasional jangka panjang Bank Bukopin dari Fitch Rating Indonesia (Fitch) naik menjadi idAAA. Sebelumnya Fitch juga telah menaikkan peringkat Bank Bukopin menjadi idAA- pada Agustus 2020.

Pembaruan peringkat tersebut didasari oleh tuntasnya proses penambahan modal Bank Bukopin oleh KB Kookmin Bank yang merupakan pemegang saham di Bank Bukopin sejak tahun 2018. Saat ini KB Kookmin Bank memiliki porsi saham di Bukopin sebesar 67%, dan sejak akhir Juli 2020 atas persetujuan Dewan Komisioner OJK, resmi menjadi Pemegang Saham Pengendali.

President Director Bank Bukopin Rivan A. Purwantono mengemukakan Kepemilikan mayoritas KB Kookmin terhadap Bukopin semakin meningkatkan kepercayaan public termasuk Fitch Rating. Fitch Ratings menyatakan kepemilikan KB Kookmin Bank yang semakin besar atas Bank Bukopin dapat memberi dampak signifikan untuk terus tumbuh berkelanjutan.

"Tentu kami sangat mengapresiasi pengakuan yang cepat ini dari Fitch Ratings. Peringkat AAA ini harus kami jaga dengan baik, karena merupakan bentuk kepercayaan kepada dukungan KB Financial Group di Indonesia, terutama KB Kookmin Bank sebagai PSP dan Bank Bukopin sebagai salah satu ekspansi terbarunya di Asia Tenggara," kata Rivan dalam keterangan tertulis, Rabu (21/10/2020).

Menurut keterangan Fitch, kenaikan Peringkat Nasional Jangka Panjang mencerminkan ekspektasi Fitch terhadap Bank Bukopin yang saat ini memiliki induk yang kuat untuk mendukung kegiatan perseroan.

Peringkat Nasional Jangka Panjang idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh perusahaan pemeringkat skala nasional tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang rendah terhadap semua emiten atau obligasi lain.

Rating tersebut juga masuk dalam kategori investment grade. Artinya perusahaan yang berada di peringkat minimal BBB- hingga AAA memiliki kemampuan yang cukup dalam melunasi hutangnya.

Rivan menambahkan, selain memperkuat kepercayaan publik, posisi KB Kookmin Bank saat ini di Bank Bukopin diyakini dapat memperkuat fundamental perseroan dalam tumbuh kembang bisnis.

Diketahui bisnis utama antara KB dan Bank Bukopin memiliki karakteristik serupa yang berfokus pada segmen ritel. Dengan latar belakang tersebut, lanjut Rivan, diharapkan dapat tercipta kolaborasi untuk mengembangkan segmen bisnis Bank Bukopin.

"Untuk menjaga kepercayaan ini, maka kami terus melanjutkan kolaborasi yang luar biasa, kolaborasi dari seluruh lini, dengan momentum transformasi pasca bergabungnya Bank Bukopin di keluarga besar KB Kookmin Bank. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk kita maju bersama dengan KB Kookmin Bank," papar Rivan.



Simak Video "Harga Sembako 28 November 2020: di Setiap Daerah Rata-rata Stabil"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)