Apa Keuntungan ORI? Investasi Sekaligus Bantu Negara

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikFinance
Kamis, 22 Okt 2020 11:46 WIB
Ilustrasi Investasi Saham DetikX
Foto: Ilustrasi: Luthfi Syahban
Jakarta -

Kemudahan dalam mengakses informasi menjadikan masyarakat lebih mengerti tentang beragam macam instrumen investasi. Bagi masyarakat yang mempunyai dana menganggur di rekening, ada baiknya untuk mengalokasikan ke salah satu instrumen investasi Surat Berharga Negara (SBN) yaitu Obligasi Negara Ritel (ORI).

Mungkin masih banyak masyarakat yang belum tahu apa sih sebenarnya ORI? Dikutip dari situs Kemenkeu.go.id, ORI merupakan sebuah surat utang yang diterbitkan pemerintah untuk individu warga negara Indonesia (WNI) dan merupakan alternatif investasi yang aman, mudah, serta menguntungkan.

Karakteristik dari ORI yaitu dapat diperdagangkan (tradeable) di pasar sekunder. Setiap tahunnya ORI akan memberikan tingkat imbal hasil (yield), atau disebut kupon dengan pembayaran yang dijamin 100% oleh negara.

Misalnya saja, ORI 018 yang diterbitkan pada awal Oktober lalu memiliki kupon sebesar 5,7%. Tentu dengan berinvestasi di ORI, akan lebih menguntungkan daripada investasi lainnya. Selain itu, besaran atau tingkat kupon tersebut bersifat fixed rate hingga waktu jatuh tempo tiba.

Adapun tenor atau jangka waktu dari ORI saat ini adalah 3 tahun. Setiap diterbitkan, ORI memiliki penomoran yang dimulai dari seri ORI 001 pada tahun 2006 hingga ORI 018 di tahun 2020. Bagi masyarakat yang mau berinvestasi melalui ORI bisa melakukan pembelian minimum sebesar Rp 1 juta hingga maksimum sebesar Rp 3 miliar.

Berdasarkan data yang dirilis pemerintah, realisasi ORI pada seri ORI 017 sebelumnya mampu mencapai Rp 18 triliun. Lebih banyak dari dari target surat utang yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp 10 triliun. Hal tersebut menunjukkan investasi ORI sangat diburu oleh kalangan investor termasuk untuk para investor muda yang mencari instrumen investasi yang minim risiko.

Adapun dikutip dari situs Kemenkeu.go.id, beberapa keuntungan berinvestasi ORI yaitu:
1. Kupon dan Pokok dijamin oleh Undang-Undang
2. Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN
3. Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai waktu jatuh tempo
4. Kupon dibayar setiap bulan
5. Tersedia kuotasi harga beli (bid price) dari Mitra Distribusi
6. Berpotensi memporelh capital gain
7. Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain (sesuai dengan kebijakan di masing-masing mitra distribusi)
8. Dapat diperdagangkan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP)

Bagi pemerintah, ORI dapat menjadi sumber anggaran negara, diversifikasi sumber pembiayaan, dan memperluas basis investor. Di saat pandemi ini, pemerintah menyatakan hasil penerbitan ORI 018 seluruhnya dimanfaatkan untuk pembiayaan APBN 2020 termasuk dalam rangka upaya penanganan dan pemulihan dampak dari pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, investasi ORI juga bisa menjadi salah satu cara masyarakat untuk membantu negara menghadapi situasi krisis. Selain ORI, ada banyak macam investasi termasuk saham.

Untuk memantau saham atau bisnis yang dijalankan, ada baiknya menggunakan gawai yang bisa multitasking. Bagi para investor muda, ada sebuah smartphone yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan investasi atau bisnis yaitu Samsung Galaxy Z Fold2.

Samsung Galaxy Z Fold2 dihargai hampir Rp 34 juta. Harga yang ditawarkan tersebut tentu sebanding dengan fasilitas dan fitur yang diberikan. Seperti memiliki dua layar dengan lebar 6,2 inch HD+ untuk layar penutup dan layar utama seluas 7.6'' QXGA+ dengan panel dynamic AMOLED 2X berpadu dengan adaptive refresh rate hingga 120Hz. Kedua layar ini akan membuat mata akan dimanjakan dengan kayanya warna dan mulusnya transisi antar layar, sehingga memudahkan para investor muda saat memantau nilai saham atau bisnis.

Galaxy Z Fold2Galaxy Z Fold2 Foto: Samsung

Galaxy Z Fold2 tidak hanya mendukung aktivitas pekerjaan saja, bahkan menunjang untuk hiburan dengan lebih nyaman disela waktu pekerjaan. Layar lipat Samsung Galaxy Z Fold2 membuat kedua kegiatan semakin mudah.

Pengguna bisa membuka 3 aplikasi sekaligus pada layar utama yang terpampang luas. Didukung dengan chipset Snapdragon 865+ dan RAM LPDDR5 12 GB, kegiatan multitasking akan menjadi sangat lancar tanpa kendala.

Sederet fitur mumpuni yang tersemat di smartphone ini mampu mendukung pekerjaan, hiburan, bahkan Anda akan bisa mencapai work life balance dengan bantuan Samsung Galaxy Z Fold2. Smartphone ini pun sudah bisa Anda pesan saat ini.

Kunjungi http://www.galaxylaunchpack.com/ untuk mendapatkan informasi detail dan penawaran menarik yang diberikan Samsung.

(prf/hns)