Ada Cuti Bersama 28 & 30 Oktober, Bagaimana Layanan Bank?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 24 Okt 2020 14:30 WIB
Logo Bank Central Asia (BCA) di Menara BCA, Bundaran HI, Jakarta.
BCA/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memastikan layanan perbankan untuk nasabah tetap berjalan normal saat cuti bersama pada 28 dan 30 Oktober mendatang.

Dari pengumuman BCA, untuk layanan kantor cabang tidak beroperasi di tanggal tersebut. Kemudian pada 31 Oktober dan 1 November 2020 layanan perbankan akhir pekan juga ditiadakan.

Namun untuk transaksi B2B Pertamina tetap dapat dilayani pada 30 Oktober 2020 pukul 09.00-14.00 di 10 kantor cabang, yakni KCU Matraman, KCU Galaxy, KCU Palembang, KCU Denpasar, KCU Malang, KCU Bandung, KCU Semarang, KCU Solo Slamet Riyadi, KCU Medan, dan KCU Madiun.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan walaupun kantor cabang BCA tutup saat cuti bersama, BCA tetap hadir di sisi nasabah melalui beragam layanan digital yang saat ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih #BankingFromHome yang memudahkan nasabah dalam bertransaksi saat #DiRumahAja.

"Selain memudahkan, digital banking BCA tentunya memberikan rasa nyaman dan aman bagi nasabah," kata Jahja dalam siaran pers, Sabtu (24/10/2020).

Dia mengungkapkan beragam fitur digital banking yang bermanfaat bagi nasabah saat #DiRumahAja, antara lain fitur QR di BCA mobile yang bisa digunakan nasabah untuk bayar transaksi belanja di merchant dengan pembayaran QRIS.

QRIS merupakan jaringan pembayaran yang menggunakan QR Code dari BCA mobile dan berbagai aplikasi pembayaran dimana BCA turut mendukung pemerintah dengan penerapan cashless payment via QRIS. Selain itu, QR di BCA mobile memudahkan nasabah untuk membayar belanja tanpa sentuhan di berbagai merchant yang bekerja sama dengan BCA.

Fitur berikutnya adalah Tarik Tunai Tanpa Kartu (cardless) di BCA mobile yang memungkinkan pengguna untuk menarik uang tunai tanpa kartu ATM. Biasanya dompet tertinggal dan situasi mendesak harus transaksi dengan uang tunai, nasabah cukup mengakses fitur Cardless di BCA mobile dan dapat dengan mudah menarik uang tanpa kartu di ATM BCA.

"Fitur ini mendukung nasabah pada situasi saat ini yang mengharuskan untuk meminimalisir kontak fisik pada benda atau yang lainnya," tambah Jahja.

Kemudian ada Debit Online, fitur yang mempermudah nasabah dalam melakukan pembayaran transaksi online. Uniknya, fitur Debit Online BCA ini memberikan keleluasaan nasabah dalam mengatur transaksi online melalui BCA mobile.

Fitur terbaru ini memberikan dua keuntungan sekaligus bagi nasabah yakni kemudahan kontrol transaksi dan tanpa batas. Nasabah dapat mengaktifkan atau menonaktifkan transaksi, nasabah dapat mengatur limit dan blokir #DibikinSimpel di BCA mobile.

Selain itu, fitur ini memungkinkan nasabah untuk menggunakannya sebagai metode pembayaran online baik di dalam maupun luar negeri. Fitur ini juga dapat digunakan berbelanja di seluruh platform e-commerce, toko online, dan layanan online yang menerima pembayaran dengan kartu Mastercard.

(kil/ara)