Produk MLM Apa yang Paling Laku saat Pandemi?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 26 Okt 2020 12:38 WIB
ilustrasi investasi
Foto: iStock
Jakarta -

Bisnis MLM sedang marak di tengah pandemi COVID-19. Produk kesehatan menjadi yang paling banyak dijual saat merebaknya virus Corona demi menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas.

Menurut pakar pemasaran Yuswohady, COVID-19 ini berkaitan dengan masalah imunitas dan daya tahan tubuh sehingga produk-produk kesehatan menjadi digandrungi, termasuk yang dijual melalui pola MLM.

"Makanya memang produk-produk yang terkait dengan kesehatan itu menjadi tinggi permintaannya, termasuk melalui pola MLM ini," kata dia saat dihubungi detikcom, Senin (26/10/2020).

Kesehatan, diyakininya menjadi prioritas utama masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Paling tinggi terutama yang paling tinggi itu kayak misalnya vitamin C, kemudian jahe merah, jamu-jamuan, itu menjadi prioritas. Intinya untuk menjaga imunitas, menjaga daya tahan. Orang kecenderungan sekarang sudah begitu, tidur cukup, olahraga cukup, makan bagus. Makanya (produk kesehatan) itu jadi prioritas semua konsumen karena takut," jelasnya.

Media sosial menjadi salah satu wadah yang menyuburkan bisnis MLM. Ada salah satu produk bernama Clover Honey disebut bisa mengatasi masalah pencernaan, menurunkan demam, hingga meningkatkan imunitas tubuh. Produk ini dipasarkan dengan pola MLM.

Ada juga produk kesehatan MLM lainnya dengan merek AFC. Khasiatnya juga diklaim dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagainya.

(toy/fdl)