Jokowi Ingin RI Punya Bank Syariah Raksasa

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 29 Okt 2020 06:01 WIB
Presiden Jokowi berpidato di Hari Sumpah Pemuda 2020 sekaligus meresmikan stasiun TVRI Papua Barat.
Presiden Joko Widodo (Jokowi)/Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Sebanyak tiga bank syariah BUMN yakni Bank Syariah Mandiri (BSM), BRI Syariah, dan BNI Syariah sedang proses penggabungan alias merger.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan mimpi besar dibalik peleburan ketiga bank tersebut. Dia menjelaskan aksi korporasi itu bakal membuat Indonesia memiliki bank syariah raksasa.

"Nantinya semua aset bank syariah milik negara akan dilebur menjadi satu untuk melahirkan bank syariah raksasa," kata Jokowi dalam acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang tayang di saluran YouTube ISEF Indonesia, Rabu (28/10/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan bahwa pemerintah memiliki perhatian besar untuk membangkitkan raksasa keuangan syariah di Indonesia.

"Pemerintah memiliki concern besar untuk membangkitkan raksasa ini. Salah satunya dengan membangun satu bank syariah terbesar di Indonesia," sebutnya.

"Total 3 aset bank syariah BUMN yaitu BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah sampai semester pertama 2020 adalah Rp 214 triliun. Sebuah angka yang besar," tambahnya.

Dirinya pun menyayangkan Indonesia yang memiliki banyak potensi ekonomi syariah tapi tak dimanfaatkan dengan baik. Baca di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2