3 Fakta Nasib Uang Winda Earl Raib Rp 22 M

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 12 Nov 2020 19:00 WIB
A cleaner enjoys the view from a gondola at the Maybank building while his colleague cleans the glass panel in Singapore 10 October 2002. Singapores economy is estimated to have grown 3.7 percent in the September quarter from the previous year, the government said. AFP PHOTO/Roslan RAHMAN (Photo by ROSLAN RAHMAN / AFP)
Foto: AFP/ROSLAN RAHMAN
Jakarta -

PT Maybank Indonesia Tbk (BNII) telah melapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai kasus raibnya uang tabungan milik Winda Earl dan ibunya senilai Rp 22 miliar. Kasus tersebut juga sudah dilaporkan ke pihak yang berwajib untuk di investigasi lebih lanjut.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatakan tidak menanganai masalah tersebut. Dengan begitu, bagaimana nasib uang milik atlet eSport ini? Berikut fakta-faktanya:

1. Tak dijamin LPS

LPS menilai kasus itu tak masuk ranah penanganan LPS. Dalam artian, uang tabungan Winda yang hilang itu tak bisa dijamin/diganti LPS.

"LPS tidak menangani kasus seperti itu. LPS menangani bank yang bermasalah. Bukan kasus individu seperti itu," ungkap Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa kepada detikcom, Selasa (10/11/2020).

2. Kasus Penipuan

Mantan Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu menilai, kasus yang menimpa Winda masuk kategori fraud atau penipuan secara individual. Sehingga, bukan kasus yang menimpa keseluruhan bank.

"(Kasus Maybank) Saya melihatnya fraud," ujar Purbaya.

Sebagai Ketua LPS, ia mempertanyakan prosedur yang dijalankan Maybank. Menurutnya, Maybank seharusnya bisa menyelesaikan kasus yang sudah bergulir selama 6 bulan itu dengan cepat.

"Yang patut dipertanyakan adalah mengapa hal tersebut dapat terjadi? Apakah ada kelemahan prosedur? Saya rasa Maybank bisa selesaikan hal tersebut dengan cepat. Mereka harus investigasi, dan cari kesalahannya di mana, kalau ada. Kemudian perbaiki," tuturnya.

lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2