Top! Ini Daftar 10 Mata Uang Terkuat di Dunia

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 13 Nov 2020 10:47 WIB
kuwait
Bendera Kuwait/Foto: internet
Jakarta -

Banyak yang meyakini poundsterling Inggris merupakan mata uang terkuat di dunia. Namun, karena kondisi ekonomi dunia yang dinamis, ada mata uang yang lebih mahal dari poundsterling.

Dikutip dari FXSSI, Jumat (13/11/2020) berikut 10 mata uang terkuat di dunia per September 2020.

1. Dinar Kuwait

Dinar Kuwait adalah mata uang tertinggi. Kuwait sendiri merupakan negara kecil dengan kekayaan melimpah. Tingginya nilai mata uangnya disebabkan oleh ekspor minyak bumi yang signifikan di pasar global.

Kuwait juga dianggap sebagai negara terkaya di dunia. Sebab ekonomi berbasis minyak bumi yang stabil serta produksi dan ekspor minyak mereka yang sangat maju. Selain ekonominya yang sangat stabil, Kuwait merupakan negara bebas pajak dengan angka pengangguran sangat rendah

2. Dinar Bahrain

Bahrain sendiri adalah negara kepulauan di Teluk Persia dengan populasi sekitar 1 juta orang lebih. Pendapatan terbesar negara ini adalah ekspor minyak. Dinar Bahrain dipatok berdasarkan nilai tukar dolar AS, dan nilainya bertahan stabil sejak tahun 2005.

3. Rial Oman

Rial Oman memiliki daya beli yang menakjubkan. Mata uang ini sangat tinggi sehingga pemerintah harus mengeluarkan uang kertas 1/4 dan 1/2 Rial. Oman adalah negara di Semenanjung Arab yang lokasinya yang strategis. Oleh karena itu, negara ini memiliki ekonomi yang berkembang dan kualitas hidup yang sangat baik.

4. Dinar Yordania

Yordania tidak terlalu berkembang secara ekonomi dan tidak memiliki banyak sumber daya, seperti minyak. Meskipun demikian, nilai satu dinar Yordania sama dengan nilai 1,41 dolar AS, yang membuatnya menjadi salah satu dari 10 mata uang terkuat di dunia.

5. Poundsterling Inggris

Mata uang inilah yang dianggap paling mahal di dunia terhadap dolar AS. Namun, ternyata mata uang ini masuk di urutan kelima mata yang termahal.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2