Bank Berlomba-lomba Beri Layanan Online, Internetnya Siap?

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 15 Nov 2020 16:22 WIB
Pinjam Online
Foto: Pinjam Online (Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah)
Jakarta -

Guna mengoptimalkan pemanfaatan bandwidth untuk menjamin peningkatan layanan kepada nasabah, para bank disarankan untuk meningkatkan infrastruktur jaringan dengan mengimplementasikan metode yang layak. Melibatkan peningkatan infrastruktur jaringan secara digital, dengan mengimplementasikan Intelligent IP Network atau jaringan yang berbasis kecerdasan.

Terlebih dalam situasi pandemi saat ini dimana industri didorong untuk mempercepat transformasi digital di semua sektor di Indonesia ke level selanjutnya.

Tren ini sendiri menimbulkan banyak tantangan baru bagi perbankan untuk memenuhi kebutuhan jaringan dalam meningkatkan kapasitas, kehandalan dan keamanan jaringan sejalan dengan pertumbuhan transaksi digital yang terus meningkat terutama ditengah kondisi pandemi saat ini.

PT Anabatic Digital Raya Sub Holding dari PT Anabatic Technologies Tbk sendiri bekerja sama dengan Huawei Indonesia menawarkan solusi Infrastruktur Jaringan, yang komprehensif dengan infrastuktur jaringan intelligent IP yang memiliki rangkaian lengkap produk jaringan generasi mendatang dengan kemampuan AI dengan 4 engine, yaitu AirEngine (WiFi generasi ke-6), CloudEngine (jaringan Data Center dan Campus LAN), NetEngine (CloudWAN router), dan HiSecEngine (solusi keamanan jaringan yang mendukung cloud).

Selain itu solusi infrastruktur Jaringan dari Huawei memiliki Super Capacity, Intelligent Experience dan Autonomous Driving yang dapat meningkatkan bandwidth secara lebih fleksibel dan efisien. Ini membuat pengalaman pengguna yang lebih baik dalam menikmati berbagai layanan (di lingkungan kantor, produksi, maupun area data center) pada satu jaringan fisik.

Kemampuan untuk menyesuaikan bandwidth secara cerdas yang memungkinkan penyesuaian fleksibel dari jaringan ultra-broadband berdasarkan perubahan layanan, dalam memenuhi persyaratan layanan yang lebih baik.

"Ditengah situasi Pandemi seperti saat ini, bank-bank harus gesit, inovatif, dan fokus dalam meningkatkan layanan kepada Nasabahnya. Untuk melakukan ini, Bank harus memanfaatkan solusi berkinerja tinggi yang cepat beradaptasi dengan permintaan pelanggan dan pasar yang terus berubah, PT Anabatic Digital Raya sendiri memiliki banyak pengalaman dalam implementasi Solusi Infrastruktur Jaringan di berbagai Bank BUKU 3 dan 4, sehingga kami percaya bahwa kami dapat memenuhi kebutuhan Bank dalam meningkatkan layanan dan permintaan kepada Nasabanya," kata Presiden Direktur PT Anabatic Digital Raya, Nugraha Santosa, Kamis, (12/11/2020).

Semntara itu, CEO Huawei Indonesia - Enterprise Business Group, Roger Zhang menambahkan, dalam event Indonesia Huawei Connect 2020 bahwa transformasi digital di dalam jaringan hanyalah masalah waktu saja.

Memiliki infrastruktur jaringan yang kuat sangat penting untuk memastikan bahwa perusahaan dapat mendapatkan manfaat di setiap lini bisnis untuk menyambut teknologi disruptive seperti IoT, VR/AR, multi-cloud dan kecerdasan buatan.

Beberapa dari Bank BUKU 3 dan BUKU 4 di Indonesia telah mempercayakan Huawei sebagai provider teknologi untuk jaringan Data Center maupun jaringan Campus LAN.

Selain dapat menghemat biaya operasional dengan solusi yang ekonomis, berkualitas dan telah terbukti di industri perbankan dalam dan luar negeri, Solusi Infrastruktur Jaringan dari Huawei ini dapat menjadi jawaban terhadap kebutuhan bandwidth bank yang dinamis serta visibilitas jaringan yang memiliki cakupan lebih besar dan luas yang dapat mengintegrasikan infrstruktur jaringan.

(das/dna)