Bunga Acuan BI Turun ke Level Terendah, Bunga Kredit Bank Kapan?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 20 Nov 2020 06:30 WIB
Gedung bank Indonesia (BI).
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI 7 days reverse repo rate telah diturunkan ke level 3,75%. Untuk suku bunga deposit facility turun 25 bps menjadi 3% dan lending facility turun 25 bps menjadi 4,5%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan penurunan ini sejalan dengan pertimbangan kondisi perekonomian Indonesia yang memerlukan stabilitas di tengah perkiraan angka inflasi yang masih rendah.

Lalu bagaimana dengan bunga bank?

Perry mengungkapkan untuk bunga di perbankan dipengaruhi oleh biaya dana, administrasi hingga premi risiko kredit. menurut Perry dari faktor biaya dana sebenarnya sudah bisa diturunkan karena BI 7days reverse repo rate turun 1,25% tahun ini.

"Atau sejak Juli (tahun lalu) sudah turun 225 bps, ini juga sudah mendorong penurunan bunga pasar uang dan penurunan bunga dana. Faktor pertama ini mestinya bisa menurunkan bunga kredit," kata dia dalam konferensi pers, Kamis (19/11/2020).

Dia mengungkapkan, persepsi risiko kredit seiring menurunnya risiko ekonomi itu meningkat. Sehingga sejumlah bank meningkatkan kebutuhan terhadap pencadangan risiko kredit tadi.

BI sudah sampaikan sudah QE yang sangat besar. "Melalui forum ini dengan tidak segan-segannya mengharapkan perbankan untuk menurunkan suku bunga kredit sehingga mendorong pemulihan ekonomi," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2