Eks Bos The Fed Punya Pesan Buat Biden, Apa Itu?

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Jumat, 20 Nov 2020 09:10 WIB
Berharap Berkah dari Kemenangan Joe Biden
Foto: detik
Jakarta -

Mantan Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve, Alan Greenspan memberikan pesan kepada Joe Biden sebagai Presiden AS terpilih yang akan segera menjabat.

Dia meminta agar Biden bisa lebih banyak memberikan upaya untuk mengendalikan virus. Menurutnya, menjadikan pengendalian virus sebagai prioritas utama ada langkah yang baik untuk menyelamatkan ekonomi.

"Saya belum pernah melihat situasi tertentu selama pengalaman profesional saya yang kondisinya seperti ini," kata Greenspan dilansir dari CNN, Jumat (20/11/2020).

Meskipun beberapa industri farmasi telah mengumumkan hasil yang menggembirakan dari uji coba vaksin mereka, Greenspan mengingatkan tingkat infeksi masih terus meningkat di seluruh dunia, tak terkecuali di AS.

Menurutnya, virus Corona tak bisa ditebak.Dia menilai kemungkinan untuk kembali normal pada musim semi berikutnya. Itu pun hanya bisa terjadi jika penyebaran virus bisa dikendalikan.

Tidak berbeda, Jerome Powell, Gubernur Federal Reserve telah berulang kali mengatakan bahwa ekonomi akan pulih sepenuhnya hanya ketika pandemi COVID-19 terkendali. Meski pulih pun, Powell menilai ekonomi tidak akan sama seperti sebelum pandemi melanda.

Sementara itu, jutaan orang Amerika dinilai masih membutuhkan tunjangan untuk memenuhi kebutuhan mereka karena mereka telah kehilangan pekerjaan karena krisis.

Pemerintah AS sendiri sudah menghabiskan triliunan melalui CARES Act di musim semi, tetapi Gedung Putih yang masih dipimpin Donald Trump belum dapat menyetujui stimulus tambahan sejak saat itu. Greenspan mengatakan saat ini stimulus harus segera diberikan.

"Saya pikir Pelosi (Ketua DPR AS) memiliki seperangkat ide khusus untuk menghadapi masalah sekarang di depan tampaknya cukup kredibel bagi saya. Yang harus mereka lakukan adalah menerapkannya," ujar Greenspan.

(zlf/zlf)