Bunga Acuan BI Turun, Bunga KPR Juga Harus Turun!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 20 Nov 2020 17:18 WIB
Insert fokus: Kapan Bunga KPR Turun?
Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta -

Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) saat ini sudah berada di level 3,75%. BI memang gencar menurunkan bunga untuk merespons pandemi COVID-19 yang menekan perekonomian nasional.

Bunga acuan ini juga menjadi salah satu patokan untuk penentuan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR). Namun hingga saat ini suku bunga KPR di perbankan nasional masih tercatat tinggi, bahkan untuk bunga mengambang atau floating jarang mengalami penurunan.

Peneliti INDEF Bhima Yudhistira Adhinegara mengungkapkan dengan turunnya suku bunga acuan BI maka bunga kredit juga harus diturunkan.

Termasuk untuk bunga kredit pemilikan rumah. "Bunga KPR memiliki multiplier effect setidaknya terhadap 11 sektor lain, sehingga ada dampak ke penciptaan lapangan kerja," kata dia saat dihubungi detikcom, Jumat (20/11/2020).

Dia mengungkapkan, bank memang harus secepatnya menurunkan bunga kredit. Meskipun ada faktor tingkat risiko yang tinggi. Tapi biaya bunga bagi pinjaman usaha yang lebih terjangkau merupakan bentuk kontribusi bank dalam pemulihan ekonomi.

"Kalau BI sudah berkali-kali menurunkan bunga, sementara bank menahan justru ekonomi bisa macet," jelas dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2