Bank BUMN Bidik Dana Murah 50% di Akhir Tahun

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 17 Des 2020 18:07 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Perbankan saat ini berupaya menjaga porsi current account saving account (CASA) atau dana murah. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menyebutkan hingga November 2020 perseroan mencatat rasio dana murah sebesar 40%.

Direktur Distribution & Retail Funding Bank BTN Jasmin mengungkapkan perseroan memiliki program untuk mengembalikan BTN sebagai bank tabungan.

"Pada Oktober CASA tercatat di kisaran 37%. Kami menargetkan hingga akhir tahun CASA bisa dijaga pada kisaran 40-50%," kata Jasmin dalam keterangan resmi, Kamis (17/12/2020).

Dia mengungkapkan BTN juga memiliki program loyalitas nasabah Batara Spekta yang sudah mencatatkan peningkatan 400 ribu nasabah sejak resmi diluncurkan pada 9 September 2020 silam.

"Melalui program apresiasi nasabah ini, kami mencatatkan kenaikan volume tabungan hingga mencapai Rp2 triliun. Kami akan terus berinovasi di bisnis tabungan karena kami bertumbuh dengan adanya dukungan nasabah kami," ujar Jasmin.

Dalam gelaran pesta Undian Tahap 1 ini, Bank BTN menjamu nasabah setianya dengan berbagai produk. Perseroan mencatat ada 55 ribu kupon undian nasabah yang ditukar ke 35 hadiah. Di antaranya, perseroan menyediakan sepeda Brompton, Vespa Sprint 150, Macbook Pro, iPhone 11 Pro, smartphone Samsung Galaxy Note 20, Smart TV 43 inch, Apple Watch Series 5, Samsung Watch 3, dan Sneakers Air Jordan.

Dalam kesempatan yang sama, BTN juga akan melakukan acara lelang dengan hadiah berupa motor Yamaha N-Max ABS dan Samsung S20 FE. Selain itu, perseroan juga memberikan special redemption dengan memperebutkan 44 Xiaomi Air Fryer OA2.

Adapun, Program Batara Spekta merupakan program yang diracik emiten bersandi saham BBTN bagi para nasabah tabungan baik baru maupun eksisting. Melalui program anyar tersebut, nasabah tabungan BTN bisa mendapatkan Poin Spekta.

Poin tersebut dapat dikumpulkan nasabah berdasarkan saldo rata-rata tabungan. Selain itu, nasabah juga dapat mengumpulkan Poin Spekta melalui transaksi menggunakan kartu debit atau mobile banking BTN. Nantinya, poin dapat ditukar dengan berbagai produk menarik. Poin tersebut juga dapat diikutkan dalam pengundian yang berhadiah mulai gawai terkini hingga rumah senilai miliaran rupiah.

Nasabah baru dan eksisting BTN juga masih dapat mengikuti Penarikan Undian Tahap 2 pada Maret 2021. Pada tahap tersebut, akan diundi hadiah mobil Pajero Sport, Mini Cooper, hingga rumah senilai Rp 2,5 miliar.

(kil/ara)