Peluang Investasi Bitcoin, 'Emas Digital' yang Harganya Lagi Meroket

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 25 Des 2020 10:25 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Ilustrasi/Foto: DW (News)
Jakarta -

Mata uang kripto muncul menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan. Salah satu produk mata uang kripto yang terkenal adalah Bitcoin, dan saat ini harganya sedang meroket.

Meski begitu, instrumen investasi satu ini masih banyak belum dilirik masyarakat. Ketidaktahuan menjadi salah satu alasannya. Lalu apa sih sebenarnya Bitcoin dan segala mata uang kripto itu?

CEO Indodax Oscar Darmawan menjelaskan sebetulnya mata uang kripto adalah sebuah komoditas, bentuknya layaknya emas di dunia nyata. Komoditas ini berjalan di internet, dengan sebuah sistem yang disebut sebagai blockchain.

"Sederhananya semua mata uang kripto ini kayak emas digital, sangat mirip sama komoditas digital, di mana dia berjalan di internet. Cara kerjanya ini disebut sebagai blockchain. Kripto tak bisa dipalsukan dan tidak bisa ditiru, jadi transaksinya sangat aman," ujar Oscar saat berbincang lewat Podcast Tolak Miskin detikcom.

"Istilah gampangnya adalah emas digital, emas jenis baru atau new gold," katanya.

Oscar menjelaskan naik atau turunnya harga mata uang kripto, Bitcoin misalnya, sangat sesuai dengan pergerakan pasar, seberapa banyak permintaan dan penawarannya. Dia juga menjelaskan Bitcoin tidak berdiri dengan intervensi pemerintah ataupun perusahaan.

"Harganya tergantung market, jadi yang membuat harga bitcoin tinggi atau rendah bukan intervensi perusahaan, bukan juga negara. Tapi karena proses demand and supply di market sendiri," kata Oscar.

Lalu, seperti apa peluang investasi bitcoin di Indonesia? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2