Selamat Tahun Baru! Bitcoin Cetak Rekor Rp 406 Juta

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 01 Jan 2021 23:00 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Foto: DW (News)
Jakarta -

Harga Bitcoin terus meroket. Tepat H-1 pergantian tahun 2020 ke 2021, harga Bitcoin mencapai level US$ 29.000 setara Rp 406,63 juta (kurs Rp 14.022/US$) untuk pertama kalinya.

Kini nilai mata uang digital itu telah meningkat hampir empat kali lipat sepanjang tahun ini, seiring meningkatnya minat dari investor. Harga cryptocurrency paling populer di dunia ini telah melonjak hampir 2 kali lipat sejak menembus US$ 20.000 untuk pertama kalinya pada 16 Desember lalu.

Potensi Bitcoin memperoleh keuntungan dengan cepat, serta ekspektasi bahwa uang digital itu bisa menjadi metode pembayaran utama di masa depan, telah menarik minat investor AS yang lebih besar, serta dari pedagang yang biasanya berpegang pada ekuitas.

"Anda dapat membeli saham seperti Amazon, Anda dapat membeli saham seperti Apple, dan Anda tahu apa yang Anda dapatkan," kata Dennis Dick dari Bright Trading LLC, dikutip dari Reuters, Jumat (1/1/2020).

"Bitcoin, Anda benar-benar hanya memiliki angka di layar dan Anda benar-benar berharap orang di belakang Anda melihatnya sebagai bernilai lebih dari apa yang baru saja Anda bayar, jadi ini adalah pandangan yang murni spekulatif," sambungnya.

Namun, sebab tertarik dengan cerita di balik Bitcoin dan daya tarik lainnya, Dennis Dick pun berani menginvestasikan 1% kekayaan bersihnya ke Bitcoin sekitar lima minggu yang lalu. Kini, uangnya itu telah berlipat ganda, dan dia telah menjual setengahnya pada hari Kamis (31/12/2020) kemarin.

"Ketika Anda menggandakan uang Anda dalam lima minggu, jika Anda menjual setengahnya, saya pikir sekarang Anda bermain-main dengan uang rumah," katanya.

Keuntungan baru-baru ini telah membawa kapitalisasi pasar Bitcoin melewati US$ 536 miliar, menurut situs web industri CoinMarketCap coinmarketcap.com.

(fdl/fdl)