Rekor! Harga Bitcoin Meroket Jadi Rp 420 Juta

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Minggu, 03 Jan 2021 13:35 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Foto: DW (News)
Jakarta -

Nilai tukar Bitcoin kembali mencetak rekor. Kali ini nilai tukarnya telah melampaui US$ 30 ribu per keping untuk pertama kalinya atau sekitar Rp 420 juta (kurs Rp 14 ribu).

Tepatnya, nilai tukar Bitcoin mencapai US$ 30.823 pada hari Sabtu kemarin seperti dikutip dari BBC, Minggu (3/1/2021). Bila dirupiahkan, jumlahnya mencapai Rp 431.522.000 per keping.

Beberapa minggu lalu nilai tukar Bitcoin juga baru saja melonjak dan mencetak rekor di angka US$ 20.000 untuk pertama kalinya.

Pada tahun lalu, lonjakan nilai tukar Bitcoin hampir empat kali lipat berkat minat dari investor besar. Beberapa analis berpikir itu bisa naik lebih jauh karena dolar AS terus turun.

Bitcoin diperdagangkan dengan cara yang hampir sama dengan mata uang nyata seperti dolar AS ataupin pound sterling.

Baru-baru ini Bitcoin mendapatkan dukungan yang berkembang sebagai bentuk pembayaran online dengan Paypal.

Reli nilai tukar Bitcoin sebelumnya terjadi pada tahun 2017, dengan hampir saja menembus level US$ 20 ribu. Tapi itu juga telah mencapai titik terendah yang ekstrim dan telah jatuh di bawah US$ 3.300 sebelumnya.

Gubernur Bank of England Andrew Bailey memperingatkan penggunaannya sebagai metode pembayaran pada bulan Oktober.

"Saya harus jujur, sulit untuk melihat bahwa Bitcoin memiliki apa yang kita sebut nilai intrinsik. Ini mungkin memiliki nilai ekstrinsik dalam arti orang menginginkannya," kata Bailey.

Bailey menambahkan bahwa dia cukup khawatir tentang orang-orang yang menggunakan Bitcoin untuk pembayaran, menunjukkan bahwa investor harus menyadari harganya sangat tidak stabil.

(zlf/zlf)