5 Pilihan Investasi Diprediksi Bikin Moncer di 2021

Abu Ubaidillah - detikFinance
Senin, 11 Jan 2021 12:44 WIB
Investasi
Foto: shutterstock
Jakarta -

Beberapa orang menjadikan investasi sebagai resolusi di awal tahun 2021. Ketika ingin menaruh dana pada instrumen investasi, yang perlu Anda lakukan adalah fokus dan komitmen pada investasi tersebut.

Ada banyak pilihan investasi yang bisa menjadi pilihan, namun mungkin sebagian orang masih bingung mau berinvestasi di sektor mana. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah pilihan investasi yang diprediksi bikin moncer di tahun 2021.

1. Properti

Investasi di bidang properti berupa rumah, apartemen, atau hunian lainnya masih menjadi aset alternatif tradisional. Di tahun 2021 ini, investasi properti masih diprediksi moncer. Selain berinvestasi secara pribadi, Anda juga bisa menjalin kemitraan dengan investor yang berpikiran sama untuk membeli dan mengelola properti bersama.

2. Cryptocurrency

Cryptocurrency (mata uang digital) masih terbilang menjadi aset yang relatif baru, namun ini bisa menjadi alternatif dari investasi saham. Salah satu yang berkembang pesat adalah Bitcoin, tak tanggung-tanggung pada Jumat (8/1) lalu harga 1 keping Bitcoin tembus Rp 562 juta.

3. Equity Crowdfunding

Anda juga dapat berinvestasi pada bisnis orang lain. Perusahaan rintisan membutuhkan dana untuk menawarkan saham perusahaan mereka di situs web equity crowdfunding, seperti AngelList, CircleUp, SeedInvest, Wefunder, dan sebagainya. Bila Anda berinvestasi di perusahaan melalui situs equity crowdfunding, Anda memiliki sebagian dari bisnis perusahaan dan mendapat keuntungan bila perusahaan berhasil.

4. Emas

Emas secara luas dianggap sebagai pelindung dari inflasi, aset likuid, serta penyimpan nilai jangka panjang. Di masa-masa sulit, emas kerap bertindak sebagai aset penyelamat. Ada berbagai cara berinvestasi emas, seperti membeli dan menahan emas fisik, dana yang diperdagangkan di bursa emas (ETF), atau berinvestasi emas secara digital.

5. Reksa Dana

Reksa dana saham disebut cocok bagi investor yang fokus mendapatkan fixed return untuk diversifikasi investasi. Apalagi saat ini ada beberapa katalis positif untuk kelas aset saham, selain distribusi vaksin COVID-19 juga ada Omnibus Law Cipta Kerja yang bisa mendorong modal asing masuk ke Indonesia.

Itu dia beberapa pilihan investasi yang diprediksi bikin moncer di tahun 2021. Khusus untuk investasi emas dan reksa dana, saat ini bisa dilakukan dengan mudah melalui platform Tokopedia.

Hanya melalui smartphone dalam genggaman, Anda bisa berinvestasi reksa dana pada berbagai pilihan produk di Tokopedia Reksa Dana, seperti Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra dan Syailendra Dana Kas dengan keuntungan 5,901% per tahun.

Anda pun dapat berinvestasi emas mulai Rp 5.000 saja di platform Tokopedia. Melalui fitur Tokopedia Emas, Anda juga dapat melihat grafik perkembangan harga emas hingga 3 bulan terakhir sehingga dapat menentukan kapan harus membeli dan menjual emas digital.

(ega/ara)