Daftar Santunan Keluarga Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 12 Jan 2021 06:45 WIB
Jumlah kantong jenazah korban pesawat Sriwijaya Air SJ182 terus bertambah. Hingga malam ini  total ada 45 kantong jenazah yang sudah diterima Basarnas.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pencarian puing-puing dan korban pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 rute Jakarta-Pontianak masih terus berlanjut. Ada 62 korban yang terdiri atas 50 penumpang bersama 12 kru dalam kecelakaan tragis di awal 2021 tersebut.

Identitas kru pesawat yang bertugas dalam penerbangan tersebut sudah terdata oleh BP Jamsostek. Kru yang bertugas tak hanya para pekerja Sriwijaya Air, tapi juga pekerja dari maskapai NAM Air sudah tercatat oleh BP Jamsostek.

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Khrisna Syarif memastikan, keluarga dari korban yang sedang bertugas akan mendapat perlindungan dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) atau Jaminan Kematian (JKM) bagi para korban.

Khrisna menjelaskan, apabila pekerja mengalami kecelakaan dan meninggal dunia ketika bertugas atau dalam suatu kegiatan terkait dengan kedinasan, ahli waris pekerja berhak mendapatkan santunan program JKK sebesar 48 kali upah terakhir yang dilaporkan kepada BP Jamsostek.

Kemudian, anak dari ahli waris pekerja Sriwijaya Air SJ182 juga berhak atas beasiswa pendidikan dan sekolah dasar hingga kuliah bagi 2 orang anak senilai maksimal Rp 174 juta.

"Demikian juga jika ada dari pekerja yang menjadi korban meski tidak sedang bertugas atau dalam kedinasan, tetap berhak atas santunan Jaminan Kematian senilai Rp 42 juta yang akan diberikan kepada ahli waris yang sah. Untuk program ini juga berlaku beasiswa bagi 2 orang anak pekerja," tutur Khrisna dalam keterangan resminya, Minggu (10/1/2021).

Klik halaman selanjutnya untuk daftar santunan yang akan diterima.



Simak Video "Kakak Beradik Asal Sragen Jadi Korban Sriwijaya Air yang Jatuh"
[Gambas:Video 20detik]