Dana Taperum Cair Buat Pensiunan PNS, yang Masih Aktif Gimana?

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 19 Jan 2021 17:28 WIB
Tapera
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -

Dana Tabungan Perumahan (Taperum) sudah cair bertahap mulai hari ini, Selasa, 19 Januari 2021. Namun, pencairan dana Taperum itu hanya diperuntukkan bagi para pensiunan PNS atau ahli warisnya saja.

Lalu, bagaimana nasib PNS aktif?

Direktur Sistem Perbendaharaan Kementerian Keuangan Agung Yulianta menjelaskan dana Taperum bagi PNS aktif juga dikembalikan tapi sebagai saldo awal peserta di Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Untuk diketahui, sebelumnya tabungan perumahan PNS disimpan dan dikelola di Bapertarum-PNS. Kemudian, pemerintah membentuk Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Dengan adanya Tapera ini, dana tabungan PNS di Bapertarum-PNS langsung dialihkan dulu ke BP Tapera oleh Tim Likuidasi Aset Bapertarum-PNS yang terdiri dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN RB, dan BKN sebagai saldo awal.

"Dana taperum ini nanti akan dikembalikan oleh BP Tapera kepada PNS aktif sebagai saldo awal peserta di BP Tapera," ujar Agung dalam konferensi pers virtual, Selasa (19/1/2021).

Untuk melihat berapa banyak dana Taperum yang dijadikan saldo awal, PNS yang kemudian menjadi peserta Tapera bisa melakukan pengecekan melalui Portal Tapera mulai Maret 2021 nanti. Ke depan, Portal tersebut juga menjadi sarana informasi bagi PNS untuk melihat akumulasi simpanan yang dibayarkan sebesar 3% dari gaji/upah dan hasil pemupukannya secara transparan.

"Untuk yang dialihkan ke PNS aktif ini nanti masing-masing akan dibuatkan rekening dan BP Tapera akan memberikan informasi ke masing-masing peserta, yang diterima berapa sesuai dengan masa kerja dan pemupukannya, semuanya itu diberikan untuk dilihat semuanya," terangnya.

"Kepada PNS aktif akan diberikan informasi secara lengkap dan selalu di update siapa yang sudah mengambil siapa yang belum berapa akumulasi dari pokok dan hasil pemupukannya. Nah kepada PNS aktif itu akan dikembalikan serentak oleh BP Tapera langsung dipindahkan ke rekening masing-masing," sambungnya.

Saat ini BP Tapera sedang menyiapkan initial project pembiayaan perumahan yang dapat dimanfaatkan oleh peserta Tapera yang memenuhi persyaratan dan urutan prioritas. Realisasi initial project ini akan dilaksanakan bekerja sama dengan perbankan dan diharapkan dapat dimulai pada April 2021.

(dna/dna)