Gokil! Uang US$ 20 Berstiker Ini Dilelang Rp 5 M

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 27 Jan 2021 09:30 WIB
Gokil! Uang US$ 20 Berstiker Del Monte Dilelang Rp 5 M
Foto: Dok. Heritage Auctions
Jakarta -

Uang kertas senilai US$ 20 dengan stiker pisang Del Monte Ecuador menjadi barang incaran kolektor. Baru-baru ini uang itu baru saja terjual di pelelangan dengan harga US$ 396 ribu setara Rp 5,5 miliar (Rp 14.033).

Dikutip dari 11Alive, Rabu (27/1/2021) uang itu populer disebut dengan The Del Monte Note. Rumah lelang, Heritage Auction melaporkan uang itu berhasil terjual pada Jumat malam kepada penawar tak dikenal.

Heritage Auction mengungkap uang itu sempat membuat ajang pelelangan memanas karena banyak kolektor yang memberikan penawaran. Harga akhir pun dinyatakan sebagai harga rekor dunia.

"Del Monte Note mungkin dianggap yang paling terkenal dari semua uang kertas salah cetak AS dan sekarang memegang rekor dunia sebagai yang paling berharga yang pernah dijual," kata Wakil Presiden Lelang Uang, Heritage Auctions, Dustin Johnston.

Uang itu pertama kali ditemukan oleh mahasiswa Ohio pada 2004 silam. Menurut Heritage Auction mahasiswa itu mendapatkannya saat menarik uang dari mesin ATM.

Sejak itu, uang kertas itu di pasang di eBay dan dijual seharga US$ 10 ribu. Kabar itu pun menyebar luas ke komunitas kolektor dan kemudian dijual lagi pada 2006 seharga US$ 25.300.

Johnston mengatakan, hal yang menjadi daya tarik dari kolektor terhadap uang kertas ini adalah stiker yang menutupi sebagian uang kertas dan memiliki bagian dari segel perbendaharaan serta nomor seri uang kertas yang tercetak di atas stiker.

Hingga kini tidak sepenuhnya jelas bagaimana atau mengapa stiker Del Monte Ecuador bisa masuk dalam percetakan uang AS. Menurut Heritage Auctions ini bukan uang kertas kesalahan AS pertama yang menarik perhatian.

Uang kertas lain juga pernah salah cetak dengan berbagai benda menempel di atasnya selama pencetakan, termasuk plester, selotip, serutan kayu, dan potongan kertas.

(ara/ara)