Tok! BRIS Resmi Jadi Bank Syariah Indonesia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 29 Jan 2021 11:45 WIB
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk kembali menyuntikkan modal sebesar Rp 500 miliar ke BRI Syariah untuk memacu pertumbuhan bisnis. Modal disetor BRI Syariah saat ini sebesar Rp1,47 triliun atau naik dari posisi sebelumnya Rp979 miliar. File/detikFoto.
BRI Syariah/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan izin penggabungan usaha ketiga bank syariah milik bank BUMN yakni PT Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah dan BRI Syariah. Kini ketiga bank syariah tersebut menyandang nama baru yaitu Bank Syariah Indonesia.

Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo mengungkapkan izin ini sesuai dengan surat dengan Nomor : SR-3/PB.1/2021

"Serta izin Perubahan Nama dengan Menggunakan Izin Usaha PT Bank BRIsyariah Tbk Menjadi Izin Usaha atas nama PT Bank Syariah Indonesia Tbk sebagai Bank Hasil Penggabungan," kata dia dalam keterangannya, Jumat (29/1/2021).

Dia mengungkapkan selanjutnya Bank Syariah Indonesia akan melakukan pengurusan perubahan anggaran dasar di Kemenkumham dan perubahan/pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia.

Dari agenda yang diterima detikcom, acara peluncuran dan peresmian Bank Syariah Indonesia akan dilakukan pada 1 Februari 2021.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan bank syariah terbesar di Indonesia bisa selesai pada Februari 2021. Bank ini diharapkan bisa memperkuat industri keuangan syariah.

Jokowi menyebut ekonomi syariah saat ini memiliki potensi yang besar. Dia mengharapkan agar Indonesia bisa menjadi rujukan ekonomi syariah global.

(kil/ara)