Bank Syariah Terbesar RI Diluncurkan Hari Ini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 01 Feb 2021 12:04 WIB
Marger Bank Syariah dan Imajinasi Menjadi Bank Kelas Dunia
Bank Syariah Indonesia (Foto: detik)
Jakarta -

PT Bank Syariah Indonesia Tbk akan diluncurkan pada hari ini. Bank tersebut merupakan hasil merger anak usaha bank pelat merah yakni Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah dan BRI Syariah.

Dari undangan acara yang diterima detikcom, Senin (1/2/2021), peresmian dijadwalkan pada pukul 13.30 WIB dan disiarkan secara online.

Bank Syariah Indonesia diluncurkan setelah mendapat izin penggabungan usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo mengungkapkan izin ini sesuai dengan surat dengan Nomor : SR-3/PB.1/2021

"Serta izin Perubahan Nama dengan Menggunakan Izin Usaha PT Bank BRI Syariah Tbk Menjadi Izin Usaha atas nama PT Bank Syariah Indonesia Tbk sebagai Bank Hasil Penggabungan," kata dia dalam keterangannya, Jumat lalu (29/1/2021).

Dia mengungkapkan selanjutnya Bank Syariah Indonesia akan melakukan pengurusan perubahan anggaran dasar di Kemenkumham dan perubahan/pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia.

Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bank syariah terbesar di Indonesia ditargetkan rampung pada Februari 2021. Adanya bank syariah ini sebagai upaya pemerintah untuk memperkuat industri keuangan syariah.

"Kita memperkuat industri keuangan syariah dengan membangun bank syariah terbesar di Indonesia. Kita sudah targetkan nanti insyaallah di Februari ini sudah diselesaikan," kata Jokowi dalam acara Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) dan Brand Ekonomi Syariah.



Simak Video "Muhammadiyah Minta Bank Syariah Indonesia Berpihak ke UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)