Menjangkau Semua Orang, BSI Bakal Digenjot Pakai Jurus Ini

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 09 Feb 2021 22:52 WIB
Bank Syariah Indonesia
Foto: Angga Aliya Firdaus
Jakarta -

Bank Syariah Indonesia (BSI) akan digenjot kinerjanya agar mampu mendunia. Ada 4 jurus yang disiapkan, dengan dukungan total aset sebesar Rp 240 triliun.

Pertama, mengembangkan industri halal. Hal ini sejalan dengan sasaran BSI yaitu sektor riil

"Industri halal itu saya sampaikan turunannya banyak, ada fesyen, makanan, ada make up dan lain-lainnya,: kata Erick Thohir Selasa (9/2/2021).

Kedua, finansial syariah. Erick Thohir menjelaskan potensi market syariah yang besar dengan sistem yang sendiri harus terus diperbaiki khususnya pada sistem bagi hasil. Menurut Erick, sistem bagi hasil bank syariah masih dianggap mahal.

"Ini yang kita coba bagaimana saling menguntungkan bagi hasilnya. Jangan sampai juga memberatkan pertumbuhan pengusaha lokal atau pun yang ingin masuk ke industri halal ini," jelasnya.

Ketiga, memastikan investasi yang ada di daerah melibatkan pengusaha daerah. Tujuannya agar lahir pengusaha top yang sesuai dengan keunggulannya. Contohnya, pemerintah sedang membangun kawasan industri baik di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Menurut Erick, di dalam kawasan industri tersebut bisa dikembangkan industri halal. Di mana dalam kawasan itu disiapkan lokasi seluar 25 hektare yang bisa dimanfaatkan para UKM.

"Ini kita lakukan, tapi harus ada sinergitas antara yang besar, menengah, dan kecil," ujarnya.

Keempat, mengembangkan produksi yang berasal dari desa-desa. Pemerintah akan memetakan produk unggulan di masing-masing wilayah. Dirinya mengaku akan melibatkan Menteri Koperasi dan UKM serta Menteri Perdagangan, dan Kepala BKPM.

"Ini yang kita lakukan bersama dan nanti komite-komitenya ada 23 kita mau semuanya orang sektor lapangan," katanya.

Keempat jurus tersebut disampaikan Erick Thohir dalam acara Business Talk Kompas TV. Erick melanjutkan, untuk memuluskan 4 jurus tersebut BSI akan memprioritaskan 2 hal. Pertama, memetakan ulang potensi industri halal di Indonesia. Tujuannya untuk membantu mengembangkan industri halal baik dalam maupun luar negeri.

Kedua adalah finansial, di era serba teknologi maka semua pelayanan harus mudah dan cepat. Dengan begitu, Bank Syariah Mandiri harus lebih cepat menerapkan teknologi kekinian dibandingkan dengan konvensional.

"Justru Bank Syariah ini baru merger, mestinya harus lebih cepat bergerak. Karena kepemimpinannya solid, di situlah kami mendukung juga. Jadi sistem digital, sistem keberpihakan pemberdayaan sistem bagi hasilnya," ungkapnya.

Erick Thohir selanjutnya menyampaikan BSI untuk semua bukan cuma umat Muslim. Langsung klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2