Nasib Dana Nasabah Bank Syariah BUMN Usai Merger ke BSI

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 03 Feb 2021 08:05 WIB
Bank Syariah Indonesia
Foto: Angga Aliya Firdaus
Jakarta -

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mulai beroperasi per Senin (1/2) kemarin. BSI merupakan hasil peleburan 3 bank syariah BUMN yaitu BNI Syariah, BRI Syariah, dan Mandiri Syariah.

Hasil penggabungan itu, menjadikan bank yang dipimpin oleh Hery Gunardi ini sebagai bank syariah terbesar di Indonesia sekaligus menempatkannya dalam daftar 10 besar bank terbesar di Indonesia dari sisi aset.

Lantas, bagaimana nasib dana nasabah ketiga bank itu usai merger?

Mengutip situs resmi PT Bank BRISyariah Tbk selaku bank yang menerima penggabungan (survivor entity), dijelaskan dana nasabah akan terjamin aman usai proses merger tersebut

"Seluruh operasional dan layanan untuk nasabah berjalan seperti biasa dan tetap optimal. Nasabah tetap dapat melakukan aktivitas dan transaksi keuangan seperti biasa. Dana nasabah tetap aman terjaga dan dijamin," dikutip detikcom dari situs resmi BRISyariah, Selasa (2/2/2021).

Lalu, terkait proses transisi dana atau transaksi nasabah dari bank asalnya ke bank hasil merger akan diumumkan segera apabila ada perubahan operasional dan layanan terkait proses peralihan ke BSI.

"Kami pastikan dalam proses peralihan ini kenyamanan Anda akan menjadi prioritas dan seluruh dana serta data Anda tetap aman terjaga dan dijamin sesuai dengan regulasi yang berlaku," sambungnya.

Sedangkan terkait kartu debit hingga buku tabungan nasabah dipastikan tidak akan ada perubahan. Nasabah masih bisa memakai kartu debit dan buku tabungan yang sama meski sudah terbentuk BSI. Meski begitu, dimungkinkan bakal ada perubahan namun secara bertahap.

"Nasabah tidak perlu melakukan penggantian kartu debit, buku tabungan, dan Hasanah Card pada tanggal efektif merger. Penggantian item-item tersebut akan dilakukan secara bertahap. Seluruh kartu debit dari ketiga bank dan Hasanah Card yang dimiliki saat ini masih dapat digunakan," terangnya.

Klik halaman selanjutnya untuk ketentuan penggunaan dana nasabah di tiap channel yang dimiliki masing-masing bank syariah BUMN.

Simak juga video 'Pendapat Jokowi Tentang Bank Syariah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3