Bank Syariah Terbesar RI Resmi Berdiri, Ini Instruksi Jokowi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 02 Feb 2021 07:40 WIB
Marger Bank Syariah dan Imajinasi Menjadi Bank Kelas Dunia
Foto: detik
Jakarta -

PT Bank Syariah Indonesia Tbk akhirnya resmi berdiri. Bank hasil merger tiga bank syariah BUMN tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), kemarin (1/2/2021).

Adapun bank syariah yang dilebur yakni Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah dan BRI Syariah.

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim PT Bank Syariah Indonesia Tbk saya nyatakan diluncurkan, berdirinya," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, peresmian tersebut bersejarah bagi ekonomi syariah Indonesia. Apalagi, kata Jokowi, Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk musim terbesar di dunia.

Jokowi menuturkan, identitas tersebut merupakan salah satu identitas global serta kebanggaan Indonesia. Maka itu, Jokowi mengatakan, sudah sewajarnya Indonesia menjadi salah satu negara terdepan di bidang ekonomi syariah.

"Status ini sudah menjadi salah satu identitas global Indonesia dan menjadi salah satu kebanggaan kita. Maka sudah sewajarnya Indonesia menjadi salah negara terdepan dalam hal perkembangan ekonomi syariah," katanya.

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan bank syariah terbesar di Indonesia ditargetkan rampung pada Februari 2021. Kehadiran bank syariah tersebut sebagai upaya pemerintah untuk memperkuat industri keuangan syariah.

"Kita memperkuat industri keuangan syariah dengan membangun bank syariah terbesar di Indonesia. Kita sudah targetkan nanti insyaallah di Februari ini sudah diselesaikan," kata Jokowi dalam acara Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) dan Brand Ekonomi Syariah belum lama ini.

Tonton Video: Jokowi ke Bank Syariah: Sambut Baik Nasabah Nonmuslim, Gaet Milenial

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2