Transaksi bjb DigiCash Bisa di Seluruh Gerai Berlogo QRIS

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Sabtu, 13 Feb 2021 15:05 WIB
Bank bjb
Foto: Bank bjb
Jakarta -

Menjamurnya bisnis eCommerce di Indonesia, membuat banyak transaksi dilakukan secara nontunai. Metode pembayaran seperti kartu debit, kartu kredit, electronic money, pembayaran online maupun kredit online akhirnya menjadi sebuah pilihan masyarakat.

Teranyar adalah sistem pembayaran yang menggunakan sebuah barcode atau QR (Quick Response) Code yang akan di-scan setiap akan melakukan transaksi pembayaran. Tak ketinggalan, bjb DigiCash, sebagai salah satu uang elektronik serba keluaran bank bjb juga dapat digunakan untuk bertransaksi di gerai-gerai berlogo QRIS tersebut.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan bank bjb melalui uang elektronik bjb DigiCash turut menawarkan garansi kemudahan serupa, tak terkecuali dalam bentuk akses pembayaran yang luas. bjb DigiCash dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan belanja.

"Kehadiran bjb DigiCash sebagai alat bayar elektronik ini merupakan inovasi yang dipersembahkan bank bjb kepada masyarakat Indonesia. Kami menggaransi berbagai kemudahan penggunaan bjb DigiCash sebagai alat transaksi, termasuk dalam hal aksesibilitas di mana bjb DigiCash dapat digunakan di berbagai merchant yang memiliki alat bayar berlogo QRIS," kata Widi dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/2/2021).

Dia menuturkan cara penggunaan bjb DigiCash di gerai berlogo QRIS ini juga sangat mudah. Pengguna tinggal melakukan pemindaian QRIS melalui aplikasi bjb DigiCash atau bjb DIGI. Syaratnya, pastikan terlebih dulu saldo electronic money mencukupi.

"bjb DigiCash dapat digunakan untuk membayar produk-produk pada merchant yang telah memiliki QRIS tanpa kecuali sehingga pengguna memiliki opsi belanja yang luas dan sangat beragam," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengklaim kelebihan lain dari bjb DigiCash adalah uang elektronik keluaran bank bjb ini dapat digunakan untuk pembayaran tagihan pajak, transfer ke sesama pengguna, dan dikonversi menjadi simpanan di tabungan bank bjb dan transfer uang elektronik antarbank. bjb DigiCash juga dapat digunakan untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan PBB.

Sebagai informasi, saat ini pembayaran berbagai jenis uang elektronik dapat dilakukan di semua gerai yang melayani pembayaran uang elektronik via scan QR Code. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia (BI) selaku pemegang otoritas QR Code uang elektronik di mana BI menghendaki agar QR Code yang ada di semua gerai dapat digunakan untuk semua jenis pembayaran uang elektronik yang berizin resmi melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

QRIS adalah satu-satunya QR yang berlaku di Indonesia dan dikembangkan oleh BI serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) beberapa waktu lalu dengan tujuan untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem

(mul/mpr)