Cegah Corona, Taspen Hadirkan e-Klim Lewat Aplikasi Taspen Pesona

Erika Dyah - detikFinance
Jumat, 19 Feb 2021 19:02 WIB
Taspen
Foto: Taspen
Jakarta -

Di tengah kondisi sarat ketidakpastian akibat pandemi COVID-19, Taspen menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru dengan memberikan perlindungan preventif di setiap Kantor Cabang Taspen. Perlindungan ini diberikan terkait layanan kepada peserta Taspen.

SVP Corporate Secretary PT Taspen (Persero) Muhamad Ali Mansyur menyebutkan perlindungan dari Taspen diberikan melalui program Taspen Pesona (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan Dengan Pelayanan Bebas Corona) dan (Tanggap Andal Sehatkan Personil Untuk Pelayanan Bebas Corona).

Program ini diberlakukan guna memastikan pelayanan Taspen tetap berjalan dengan optimal. Juga tetap mendukung inisiatif pencegahan dan membantu memperlambat penyebaran virus melalui gerakan social distancing.

Ali menjelaskan program Taspen Pesona menghadirkan layanan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berbasis transformasi digital. Program ini terdiri dari layanan e-klim, Taspen-Care (T-Care), dan Otentikasi melalui Smartphone.

"Dengan Layanan e-klim, peserta hanya perlu mengunduh semua formulir yang diperlukan dalam pengajuan proses klaim seperti Pensiun Pertama, Pengajuan Uang Duka Wafat, Asuransi Kematian, JKK dan JKM tergantung jenis kasus yang ingin diajukan proses klaim-nya melalui menu e-klim pada website Taspen www.Taspen.co.id," jelas Ali dalam keterangan tertulis, Jumat (19/2/2021).

Adapun Ia mengatakan bahwa peserta dapat melakukan upload berkas persyaratan klaim tersebut melalui menu e-Klim. Lalu selanjutnya akan dilakukan verifikasi oleh petugas Taspen.

Ia pun mengungkap, melalui layanan Taspen-Care (T-Care) peserta dapat menyampaikan keluhan dan monitoring klaim yang diajukan dengan mudah. Yaitu, cukup dengan mengakses aplikasi T-Care atu melalui tcare.Taspen.co.id/tcare.

Selain itu, Ia menjelaskan perihal Layanan Otentikasi melalui smartphone. Layanan ini, lanjutnya, merupakan proses otentikasi untuk pengambilan pensiun melalui smartphone yang dapat dilakukan melalui Aplikasi Taspen Otentikasi. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Playstore maupun App Store. Dengan menggunakan aplikasi ini, Ali mengungkap bahwa para pensiunan dapat melakukan otentikasi wajah di manapun pensiunan berada tanpa harus mengunjungi bank mitra bayar.

"Program Taspen PESONA ini mempermudah peserta dalam hal mobilitas sehingga tidak perlu datang lagi ke kantor Taspen atau Bank Mitra Bayar," ujarnya.
Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Taspen Care melalui tcare.Taspen.co.id/tcare, Call Center (1500-919) serta media sosial Taspen di Instagram @Taspen.kita, Fanpage FB @officialtaspen, Twitter @Taspen, atau pun YouTube: Taspen.



Simak Video "Tak Mau Digilas Perubahan, Dirut TASPEN Siap Sambut New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)