Dipimpin Bitcoin, Ini 10 Mata Uang Kripto Terpopuler di RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 22 Feb 2021 17:25 WIB
VANCOUVER, BC - OCTOBER 29: Gabriel Scheare uses the worlds first bitcoin ATM on October 29, 2013 at Waves Coffee House in Vancouver, British Columbia. Scheare said he just felt like being part of history. The ATM, named Robocoin, allows users to buy or sell the digital currency known as bitcoins. Once only used for black market sales on the internet, bitcoins are starting to be accepted at a growing number of businesses. (Photo by David Ryder/Getty Images)
Ilustrasi/Foto: Getty Images
Jakarta -

Mata uang kripto menjadi lirikan baru para investor. Salah satu yang populer adalah Bitcoin, yang kini harganya terus-terusan meroket dan mencetak rekor.

Namun selain Bitcoin, sebenarnya masih banyak jenis mata uang kripto lainnya yang bisa dikoleksi. Sekilas mengenai mata uang kripto, CEO Indodax Oscar Darmawan menjelaskan sebetulnya mata uang kripto adalah sebuah komoditas, bentuknya layaknya emas di dunia nyata. Komoditas ini berjalan di internet, dengan sebuah sistem yang disebut sebagai blockchain.

"Sederhananya semua mata uang kripto ini kayak emas digital, sangat mirip sama komoditas digital, di mana dia berjalan di internet. Cara kerjanya ini disebut sebagai blockchain. Kripto tak bisa dipalsukan dan tidak bisa ditiru, jadi transaksinya sangat aman," ujar Oscar saat berbincang lewat Podcast Tolak Miskin detikcom.

Oscar menjelaskan naik atau turunnya harga mata uang kripto, sangat sesuai dengan pergerakan pasar, seberapa banyak permintaan dan penawarannya. Dia juga menjelaskan mata uang ini tidak berdiri dengan intervensi pemerintah ataupun perusahaan.

"Harganya tergantung market, jadi yang membuat harga bitcoin tinggi atau rendah bukan intervensi perusahaan, bukan juga negara. Tapi karena proses demand and supply di market sendiri," kata Oscar.

Nah, selain Bitcoin, masih ada beberapa mata uang kripto yang populer dan bisa diincar. Mengutip dari laman market Indodax, berikut ini daftar 10 mata uang kripto dengan harga per keping tertinggi per pukul 17.00 WIB:

  • Bitcoin (BTC) harganya Rp 815 juta
  • Wrapped Bitcoin (WBTC) harganya Rp 822 juta
  • yEarn Finance (YFI) harganya Rp 600 juta
  • DFI.Money (YFII) harganya Rp 43 juta
  • saffron.finance (SFI) harganya Rp 39 juta
  • Maker (MKR) harganya Rp 36 juta
  • Ethereum (ETH) haarganya Rp 27 juta
  • Pax Gold (PAXG) harganya Rp 26 juta
  • Bitcoin Cash (BCH) harganya Rp 9,9 juta
  • Aave (AAVE) harganya Rp 6,3 juta

(hal/eds)