DP 0% Bisa buat Nasabah yang Ikut Keringanan Kredit?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 23 Feb 2021 05:30 WIB
Warga melihat unit contoh di Tower Samawa DP 0 di Pondok Kelapa, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Menurut PD Sarana Jaya Data PPJB pertanggal 25 Agustus 2020 terdapat 365 penghuni. Jumlah unit di tower ini 780.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kebijakan Bank Indonesia (BI) terkait relaksasi loan to value (LTV) atau uang muka alias DP 0% untuk kredit properti dan kredit kendaraan bermotor telah dilakukan. Kebijakan ini diharapkan bisa menjadi stimulus bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Bank sentral menyebutkan kebijakan ini akan sesuai dengan ketentuan bank. Termasuk untuk nasabah yang sudah pernah melakukan restrukturisasi kredit bisa dapat nggak ya?

Asisten Gubernur BI sekaligus Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Juda Agung mengungkapkan, nasabah restrukturisasi kredit masih bisa mendapatkan stimulus DP 0%. Menurut dia ini memang sesuai dengan ketentuan bank.

"Kita tidak atur di sini terkait nasabahnya (restrukturisasi atau tidak), kita serahkan ke bank. Tentu bank juga memiliki prinsip manajemen risiko," kata Juda melalui video conference, Senin (22/2/2021).

Juga mengungkapkan dalam menjalankan kebijakan DP 0% ini bank harus memiliki prinsip manajemen risiko yang baik dalam mengambil putusan. Namun pihaknya tidak melarang bilamana nasabah restrukturisasi menikmati pelonggaran stimulus DP 0% tersebut.

Sekadar informasi, ada beberapa ketentuan yang harus dijalankan perbankan dalam menjalankan stimulus DP 0% tersebut. Diantaranya bank harus memenuhi kriteria rasio kredit bermasalah atau NPL/NPF di bawah 5%.

Sementara itu realisasi restrukturisasi perbankan sampai dengan 4 Januari 2021 telah dinikmati sebanyak 7,57 juta debitur dengan outstanding restrukturisasi senilai Rp 971,08 triliun.

Ada DP 0%, bunga KPR jadi turun? klik halaman berikutnya.

Lihat juga Video: 20Detik+ bersama Herbalice: Menkeu Tolak Pajak 0%, Hingga Jutaan Orang Siap Divaksin

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2